Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPolitik

KPU, Logistik Pemilu Sudah Berproses

×

KPU, Logistik Pemilu Sudah Berproses

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Ketua KPU Sulut Kenly Poluan mengatakan bahwa proses logistik pemilu saat ini sedang berjalan.

Proses tersebut diantaranya terkait kotak suara, bilik suara, tinta serta segel.

“Logistik utama yaitu surat suara. DPR Provinsi dan Kabupaten, berproses di KPU Daerah sedangkan DPR RI serta Pilpres oleh KPU Pusat, termasuk DPD, ” jelas Poluan.

Sementara soal penganggaran ada yang dianggarkan Kabupaten kota, Provinsi dan anggaran pusat dengan menggunakan e-katalog.

Hal itu disampaikan Kenly Poluan pada Media Gathering Pelaksanaan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 di salah satu rumah kopi di Kawasan Megamas Kota Manado, Rabu (6/12/2023).

Lebih lanjut Ketua KPU Sulut Kenly Poluan memaparkan terkait tahapan-tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, dimana untuk saat ini, pihaknya sedang mengerjakan terkait tahapan pemutakhiran data pemilihan khusus Daftar Pemilih Tambahan (DPT).

“DPT ini yang pindah dari satu desa ke desa lain, dari kecamatan lain ke kecamatan lain atau kabupaten/kota ke daerah lain. Ini sedang kami kerjakan,” tuturnya.

Ditambahkannya, tahapan lainnya yang telah dilalui yakni tanggal 3 November 2023 adalah proses pencalonan dalam penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Sulut.

“Parpol (Partai Politik) diberikan kesempatan memasukan SK terkait jabatan yang melekat pada Caleg (Calon Legislatif), wajib mundur.”

“(Ada) satu yang dicoret karena tak masukan SK,” tambahnya.

Seraya menambahkan untuk proses pengadaan logistik utama yaitu surat suara sudah mulai dicetak. (Rizath)