Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Gubernur Olly Dondokambey Apresiasi Ratusan Siswa Peserta Magang ke Jepang

×

Gubernur Olly Dondokambey Apresiasi Ratusan Siswa Peserta Magang ke Jepang

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT  – Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, Gubernur Sulawesi Utara, Prof. Dr. Olly Dondokambey, terlibat dalam dialog interaktif dengan guru dan siswa dari beberapa sekolah SMK Negeri di Sulut.

Acara ini berlangsung secara daring di Aula Mapalus Kantor Gubernur pada Kamis, 2 Mei 2024.
Dalam dialog tersebut, Gubernur Olly menanyakan kesiapan pelajar SMK untuk mengikuti program magang di Jepang. Terungkap bahwa para siswa sangat antusias untuk mengikuti program magang kerja di Negeri Sakura.

Salah satu perwakilan dari SMK Negeri 1 Ratahan mengungkapkan bahwa sudah ada 22 lulusan yang saat ini sedang menjalani magang di Jepang. Selain itu, sebanyak 60 siswa telah mendaftar untuk tahap selanjutnya.

Gubernur Olly memberikan apresiasi kepada para pelajar dan mengajak mereka untuk memanfaatkan kesempatan program magang sekaligus membangun karier di Jepang.

Dalam sesi wawancara, Dondokambey menyebut bahwa lebih dari 300 lulusan SMK asal Sulawesi Utara saat ini sedang menjalani magang kerja di Jepang. Keberhasilan mereka bahkan menarik minat mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) yang juga telah berangkat ke Jepang.

“Ada 24 mahasiswa Unima yang sudah berangkat. Selama satu tahun di sana, mereka belajar dan juga mendapatkan insentif finansial,” ungkap Gubernur Olly

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulut, Femmy J. Sulut, menyatakan bahwa saat ini sekitar 150-an orang sedang mengikuti pelatihan untuk mempersiapkan diri menuju Jepang.

“Nanti akan dibuka tahap kedua, dan sudah hampir 1000 orang yang mendaftar,” tambah Suluh . Semoga program magang ini memberikan manfaat besar bagi para pelajar dan memperkaya pengalaman mereka di dunia internasional,” jelasnya. (*/Rizath)