Minggu, 23 September 2018

BNN Sulut Tingkatkan Kolabarasi Bersama Pemerintah Upayakan Jaring Pengguna Narkoba Dengan Rehabilitasi

manadomanadoterkini.com, MANADO – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Utara Kamis (26/7/2018) menggelar pertemuan Rapat koordinasi Tingkat Kabupaten Kota dengan instansi pemerintah untuk pelaksanaan rehabilitasi berkelanjutan diruang Tongkaina, Quality Hotel di jalan Piere Tendean sore kemarin.

Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Drs Charles Ngili SH membuka langsung kegiatan tersebut didampingi oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dr Rina Wowiling.

Dalam sambutannya, Charles Ngili menyampaikan pentingnya penanganan masalah narkotika yang sudah semakin komplex di negara kita. Disampaikannya, BNN memiliki 3 program unggulan yaitu Pemberantasan, Renabilitasi dan Pencegahan, sampai akhir tahun 2017 BNN terus mengedepankan upaya pemberantasan dan pencegahan namun setelah dievaluasi ternyata hasilnya tidak menurunkan efek jera dan tidak menurunkan angka pengguna narkoba serta tidak mengurangi angka pasokan narkoba ke Indonesia.

“Makanya BNN dan Polri saat ini lebih mengedepankan, menonjolkan pencegahan dan rehabilitasi, pemberantasan menjadi upaya terakhir. Mengapa dikatakan tidak efektif, salah satu contohnya, sudah banyak bandar atau pelaku narkoba yang kita tangkap malah menjadi otak peredaran narkoba dari dalam lembaga pemasyrakatan.”tutur Ngili.

Lanjutnya, sejak 2018 BNN dan Polri lebih mengedepankan pendekatan secara kekeluargaan dengan teorinya semakin sedikit pengguna narkoba maka akan lebih sedikit pemasoknya.

“Dengan ada tempat rehabilitasi tersebut kita akan rangkul sebanyak banyaknya para pengguna narkoba agar mereka tidak jatuh lebih dalam lagi,”tukasnya.

Saat ini baru ada 4 kabupaten kota yang memiliki tempat rehabilitasi yaitu kota Bitung, Bolmong Induk, kota Manado dan Sangihe. (Angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*