Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan ReligiOpini

Ribuan PKB Gereja Se Indonesia Kumpul di Minahasa

×

Ribuan PKB Gereja Se Indonesia Kumpul di Minahasa

Sebarkan artikel ini

“Sulut Destinasi Wisata Rohani di Indonesia.
Terima kasih Pak Olly”

Catatan Siang
Moh. Dino Gobel

dino gobelPARIWISATA Sulawesi Utara (Sulut) terus berinovasi. Berbagai potensi mendatangkan wisatawan, baik internasional maupun nasional terus digalakkan duet pemimpin sulut Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw .

Salah satu terobosan tersebut adalah menggalakkan potensi wisata MICE (meeting insentive conference expo) yang sangat kuat peluangnya di Sulut, mengingat berbagai fasilitas yang ada dan posisi geo strategis dan geo politic Sulut yang menunjang. Salah satunya keberadaan Sulut yang aman dan rukun damai.

Terbukti, setelah berbagai agenda konferensi internasional berbagai bidang telah diadakan beberapa waktu lalu, yang terakhir konferensi dokter ahli bedah plastik SE Asia Pasifik. Maka, sejak 6 September lalu, Tondano kabupaten Minahasa menjadi tuan rumah even gereja Kristen se Indonesia. Acara itu bertajuk
“Pertemuan Raya dan Konferensi Nasional (Konas) XVI FK-PKB PGI”.

Wow, luar biasa!. Acara yang akan berlangsung hingga Sabtu 9/9, dihadiri hampir 6 ribu orang. Mereka datang dari berbagai urusan PKB Gereja se Indonesia.

Panitia mencatat lebih dari 5.700-an peserta hadir dan tersebar di beberapa wilayah di Minahasa, seperti Tondano, Tomohon, Tompaso dan lainnya.

Para peserta yang datang mengaku kagum dengan keramahan masyarakat Sulut. Terlebih hebatnya pembangunan dalam kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey.

Sebagai staf khusus Gubernur Sulut bidang pariwisata, saya ikut memantau kegiatan ini dari sisi kepariwisataan, khususnya akomodasi dan infrastruktur penunjang untuk belanja souvernir dan pendukung atraksi wisata lainnya.

Luar biasa. Para peserta ikut menikmati kunjungan mereka selama beberapa hari di Sulut khususnya di Manado Minahasa ini. Dampak ekonomi pun terasa, spending money untuk souvernir hingga makan dan minum pun ikut menunjang keberadaan usaha UMKM dan ekonomi kreatif yang ada di berbagai spot wisata dan lokasi acara.

“Terima kasih PKB PGI yang sudah menjadikan Sulut tuan rumah. Ini ikut membantu perkembangan pariwisata di Sulut,” kata pengusaha ekonomi kreatif Sulut Merry Karouwan II .

Yah. Bagi saya apa yang disampaikan Ibu Merry adalah tepat. Karena dengan kegiatan Konas PKB PGI ini, kian menjadikan Sulut sebagai Destinasi wisata rohani terkemuka di Indonesia. Salut terobosan pak Gubernur Olly Dondokambey dan Pak Wagub Steven Kandouw.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly Dondokambey selaku Ketum FK-PKB PGI juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran FK PKB-PGI yang telah memilih Sulut menjadi tuan rumah.

“Dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia, tentu akan membawa dampak positif bagi Sulut,” ujar Olly.

Sementara, Gubernur Olly berpesan kepada seluruh masyarakat turut serta menyukseskan agenda besar ini. “Jadilah tuan rumah yang baik, dan sambut dengan gembira para tamu yang datang dari Sabang sampai Merauke,” tandas Olly.

Di pelayanan gerejawi, sosok Olly Dondokambey dikenal sangat peduli dalam perkembangan gereja di tanah air.

Peserta Pertemuan Raya dan Konas pun mengapresiasi peran Olly Dondokambey, dan menyebutnya alat Tuhan sebagai mediator pemersatu bangsa.

Selain sukses mempertemukan pria kaum bapa dari Sabang sampai Merauke, Olly juga dikenal tokoh bangsa yang sukses merawat kerukunan.

Kepada media, Pdt Sidon Bahagia, peserta Konas dari Halmahera, merasa bahagia bisa bergabung dengan para kaum bapak se-Indonesia.

Pdt Sidon sangat bangga memiliki ketua umum seperti Olly Dondokambey.

Ia menilai, sepak terjang Olly sebagai Ketua PGI dan FK-PKB PGI sangat dibutuhkan gereja.

Selamat beracara
Selamat beribadah
Selamat melayani
Selamat berwisata
Di Sulut Laboratorium Kerukunan Indonesia

#ODSK
#SulutHebat
#SulutDestinasiWisataRohani