Rabu, 14 November 2018

Dinas Kesehatan Manado Gelar Vaksin Kanker Serviks Gratis Bagi Anak SD

manadomanadoterkini.com, MANADO – Dinas Kesehatan Kota Manado menggelar program pemberian vaksin kanker serviks kepada siswa usia SD di wilayah kota Manado . Sejumlah siswa SD di wilayah Kecamatan Wenang, juga telah menerima vaksin tersebut

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Marini Kapojos menyampaikan, vaksinasi diberikan secara gratis di sekolah-sekolah.

Dijelaskannya, pada usia anak, vaksin HPV diberikan dua dosis. Dosis kedua bisa diberikan setelah satu tahun kemudian, setelah itu anak pun akan terbebas dari ancaman kanker serviks dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh HPV.

“Imunisasi vaksin untuk program anak SD diberikan oleh pemerintah gratis, diberikan untuk anak kelas lima, nantinya diulang lagi saat siswa di kelas enam,” ujar dr Marini saat diminta keterangan via telephone seluler.

Ditambahkannya, di usia tersebut kekebalan tubuh lagi baik-baiknya. Vaksin HPV akan memberikan pencegahan yang sangat bagus, katanya

Dari sumber data yang diperoleh, pemberian vaksin HPV paling efektif pada waktu 9-13 tahun, yaitu di kelas 5 dan 6 SD. Hal ini karena pada anak-anak tersebut belum melakukan hubungan seks. Bila vaksin HPV diberikan divestasi 13 tahun, maka akan kurang efektif karena diperlukan jaminan masuk. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*