Bahas Sejumlah Persoalan, Bupati Minahasa Rapat Bersama Forkopimda

manadoterkini.com, MINAHASA – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD) menggelar rapat bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minahasa pada Senin (15/06/20) di rumah dinas Bupati.

Usai melaksanakan rapat, ROR yang didampingi RD mengatakan bahwa dalam rapat tersebut dibahas mengenai sejumlah persoalan terkini yang terjadi di Minahasa. Antaranya, menindak lanjuti persoalan tanah di area pegunungan Makawembeng di perkebunan Marawas dan Tonsea Lama Kecamatan Tondano Utara. Juga persoalan tanah Kelelondey di Langowan, evaluasi penanganan Covid-19, pelaksanaan ibadah di rumah-rumah ibadah, serta evaluasi penanganan Eceng Gondok di Danau Tondano.

“Selain hal itu, kami juga membahas mengenai rencana Pelaksanaan TMMD yang akan di mulai tanggal 30 Juni sampai pada tanggal 29 Juli nanti yang berlokasi di Kabupaten Minahasa,” kata Bupati.

Beberapa catatan penting dalam rapat tadu antara lain bahwa, Forkopimda Minahasa mengharapkan agar semua pihak yang terkait dengan pemasalahan tanah, baik di Makawembeng maupun Kelelondey agar tetap menahan diri dan tidak melakukan hal hal yang melanggar hukum.

“Khusus masalah tanah di Makawembeng yang telah menimbulkan korban jiwa, saya menegaskan agar masyarakat yang melaksanakan aktifitas perkebunan di lokasi tersebut untuk tenang karena Pemerintah Kabupaten dan Forkopimda akan berupaya menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

Dirinya menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam akan peristiwa tersebut. Masyarakat diminta supaya tidak terprovokasi dengan berbagai isue yang tidak bertanggung jawab. “Mari kedepankan nilai-nilai kearifan lokal yaitu Maesa esaan, malinga lingaan dan maleos leosan,” tukasnya.

Hadir dalam rapat tersebut antaranya Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani SH MKn, Sekretaris Daerah Minahasa Frits Muntu SSos, Kepala Kantor Pertanahan Minahasa Alex Wowiling , Asisten Pemerintah dan Kesra Dr Denny Mangala MSi dan Kaban Kesbangpol Ir Jani Moniung. (fis)

bupati minahasa Ir. Royke Roring TMMD

Posting Terkait

Tinggalkan pesan