Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Polda Sulut Peduli Kemacetan Manado, GSVL Ikut Rakor Bersama Forum Lalu Lintas

×

Polda Sulut Peduli Kemacetan Manado, GSVL Ikut Rakor Bersama Forum Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini

Walikota Bersama Jajaran SKPD Mendengarkan Pemaparan Kasat Lantas

MENINGKATNYA volume kendaraan, aktivitas masyarakat yang sangat padat, kurangnya kesadaran masyarakat dan kondisi jalan di Kota Manado merupakan penyebab utama terjadinya kemacetan.

Rakor Forum lalu Lintas di Polda Sulut

Setidaknya, ada 14 titik kemacetan di Kota Manado, beberapa diantaranya di ruas jalan Sam Ratulangi, kawasan Boulevard dan Paal Dua. Demikian dipaparkan Kasat Lantas Polresta Manado, Kompol Roy Tambayong saat Rapat Koordinasi (rakor) Forum Lalu Lintas, Rabu (16/09), di ruang Tribrata Mapolda Sulut yang ikut dihadiri Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut, Kapolda Sulut, Brigjen Pol Wilmar Marpaung serta instansi terkait diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinas Tata Kota, Sat Pol PP, Organda, Jasa Raharja, para Pejabat Utama Polda Sulut, Kapolresta Manado dan seluruh personel Satlantas serta Wartawan.

Kasat Lantas Roy Tambingon

“Penyebab kemacetan diantaranya karena parkir kendaraan di sembarang tempat, angkutan umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang yang bukan pada tempatnya, serta banyaknya pertemuan arus lalu lintas,” kata Tambayong.

Tambayong pun mengusulkan beberapa solusi. Salah satunya, mengurai kemacetan di ruas jalan Sam Ratulangi (depan rumah sakit Siloam hingga zero point) dengan memberlakukan jalur khusus. “Jalur kiri khusus untuk angkutan umum dan jalur kanan untuk kendaraan pribadi,” ungkap Tambayong.(***)

Urai Titik Kemacetan, GSVL: Pemkot Segera Berkoordinasi dengan Pemprov

WALIKOTA Manado, GS Vicky Lumentut memberikan apresiasi kepada Kapolda Sulut, Brigjen Pol Wilmar Marpaung yang ikut peduli dengan kemacetan di Kota Manado.

Mapolda Sulut
Walikota GS Vicky Lumentut diwawancarai wartawan Polda Sulut

Menurut GSVL, peran pemerintah dalam mengatasi persoalan kemacetan di Kota Manado menurut GSVL, terkait penempatan rambu lalu lintas. Pihaknya akan melihat status jalan untuk penempatan rambu sebab ada status jalan nasional, provinsi dan jalan kota.

“Permasalahan rambu lalu lintas jika masuk jalan kota maka akan menjadi tanggungjawab Pemkot Manado. Jadi untuk masalah ini saya akan berkoordinasi dengan teman-teman yang ada di Provinsi. Kedepan untuk mengurai titik-titik kemacetan, Pemkot akan membuat paying hukum Perwako,” kata GSVL.(***)

2 Instruksi Jangka Pendek Kapolda Atasi Kemacetan di Kota Manado

KEMACETAN di Kota Manado yang semakin parah bahkan telah meresahkan pengguna jalan menyusul adanya aktivitas masyarakat semakin padat dan terus meningkatnya volume kendaraan membuat Kapolda Sulut, Brigjen Pol Wilmar Marpaung turun tangan.

Rakor Forum Lalu lintas di Polda Sulut

Dia pun langsung menginstruksikan beberapa hal untuk mengatasi kemacetan di ibukota Provinsi Sulut ini. Pertama, penambahan jumlah personel di lapangan, tidak hanya Polantas melainkan juga akan dibantu personel Sabhara. Kedua, penertiban parkir kendaraan yang bukan pada tempat semestinya, termasuk penindakan hukum bagi para pelanggar rambu-rambu lalu lintas.

“Rencana jangka pendek dua hal ini yang harus dilakukan secepatnya,’’ tegas Kapolda Marpaung saat Rakor Forum Lalu Lintas di ruang Tribrata Mapolda Sulut, Rabu (16/9) yang ikut dihadiri Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut serta instansi terkait, Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinas Tata Kota, Sat Pol PP, Organda, Jasa Raharja, para Pejabat Utama Polda Sulut, Kapolresta Manado beserta seluruh personel Satlantas.

Solusi ini diharapkan Kapolda, dapat mengurangi kemacetan di Kota Manado. Rakor selanjutnya akan diadakan sekali dalam seminggu, sebagai sarana untuk menganalisa dan mengevaluasi perkembangan di lapangan, serta mencari solusi lainnya dalam menangani kemacetan di Kota Tinutuan.(***)

Dukung Langkah Polda, GSVL: Terima Kasih Pak Kapolda Ikut Peduli Masalah Kemacetan di Manado

NIAT Kapolda Sulut, Brigjen Wilmar Marpaung mengatasi masalah kemacetan di Kota Manado spontan mendapat apresiasi dari jajaran Pemkot Manado. Walikota, GS Vicky Lumentut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kapolda yang ikut peduli dengan permasalahan sangat krusial ini.

Lumentut

“Saya berterima kasih ke Kapolda yang ikut dan sangat peduli masalah kemacetan di Kota Manado. Kami juga mendukung langkah kepolisian mengatasi masalah kemacetan ini,’’ kata GSVL, sapaan Walikota usai mengikuti Rakor Forum Lalu Lintas di ruang Tribrata Mapolda Sulut, Rabu (16/9).

GSVL, sapaan Walikota berjanji dalam waktu dekat akan membantu kepolisian dengan melakukan koordinasi bersama instansi terkait di Pemprov Sulut terkait soal jalan. Ini dilakukan GSVL agar secepatnya mendapat tanggapan mengurai arus lali lintas yang terdapat titik-titik rawan kemacetan.

“Sekali lagi terima kasih banyak saya sampaikan kepada Pak Kapolda. Pemerintah Kota Manado sangat memberi apresiasi yang tinggi. Saya juga akan segera berkoordinasi dengan SKPD terkait di pemerintah kota,” pungkas GSVL. (aldi/lipsus)