Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Kunjungan Pertama di Bitung, Gubernur Resmikan Kapal Pengamanan Laut

×

Kunjungan Pertama di Bitung, Gubernur Resmikan Kapal Pengamanan Laut

Sebarkan artikel ini

received_10201227690130863MTerkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly DondokMinse SE, bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw melakukan kunjungan pertama di Kota Bitung. Kunjungan tersebut sekalian meresmikan penggunaan Kapal KN Gajah Laut milik Bakamla RI di Pelabuhan Samudra Bitung, Kamis (18/02 /2016) kemarin.

Peresmian Kapal pengamanan laut di wilayah perairan Indonesia Tengah itu yang berpusat di Manado, ditandai dengan pemecahan kendi di badan kapal, pelepasan balon, serta pengguntingan pita oleh Gubernur yang dilanjutkan dengan peninjauan diatas kapal bersama unsur Forkopimda Sulut dan Wawali Bitung Drs. Max Lomban.

Dalam Sambutan Gubernur menyatakan semoga kapal tersebut bisa bermanfaat baik bagi wilayah maritim Indonesia khususnya di wilayah tengah negara Indonesia. “Pengamanan laut harus dilaksanakan dengan baik karena Sulut merupakan daerah perbatasan negara,”kata Olly.

Gubernur menyatakan Pemprov Sulut akan terus mensuport semua program Bakamla dalam mengamankan perairan Indonesia, semua program Bakamla bisa berjalan dengan baik, pengamanan laut merupakan tanggungjawab besar.

“Amankan laut secara terpadu sehingga kerugian negara dari laut bisa berkurang, Bantu nelayan kita dalam bekerja agar peningkatan ekonomi dari sektor kelautan bisa lebih bagus lagi,” ujar Gubernur.

Dodokambey sendiri mendukung sepenuhnya rencana Bakamla RI yang akan membangun pangkalan besar untuk wilayah zona maritim Indonesia tengah.

Sementara, Kepala Bakamla dalam laporan mengatakan kapal ini memiliki spesifikasi panjang 48 meter, lebar 7 meter buatan dengan kecepatan 20 knot dengan 28 orang ABK, menggunakan konstruksi baja. “Kapal ini akan mem-backup permasalahan laut di Sulut khususnya perbatasan negara asing dari lombok hingga Filipina,”tandasnya.

Bakamla sendiri mensinergikan seluruh patroli perairan di Indonesia, menjaga keamanan keselamatan pelayaran Indonesia karena masalah perairan harus bersinergi bersama.(alfa)