Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemerintahan OD-SK Tuntaskan Sejumlah Persoalan Tapal Batas Wilayah

×

Pemerintahan OD-SK Tuntaskan Sejumlah Persoalan Tapal Batas Wilayah

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Persoalan tapal batas wilayah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hampir semuanya tuntas, tinggal beberapa batas daerah yang menunggu keputusan Permendagri RI, namun pada dasarnya semua telah tuntas di saat kepemimpinan baru Gubernur Sulut Olly Dodokambey dan Wagub Steven Kandouw.

Hal ini diungkapkan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Jemmy Kumendong, melalui Kabag Pemerintahan Buslar Sanger, kepada pers, Senin (06/06) kemarin di ruang kerjanya.

“Ada 10 batas wilayah yang sudah masuk ke Kemendagri dan tinggal menunggu surat Kepmendagrinya keluar. Sementara empat berkas batas wilayah masuk usulan dan telah berada di Kemendagri, sedangkan tiga berkas masih di Pemprov Sulut untuk diusulkan ke Kemendagri, ” tandasnya.

Dijelaskannya, masalah batas wilayah ini memang sudah lama, namun baru di tahun 2016 ini, dapat dituntaskan, termasuk di dalamnya batas Provinsi Sulut-Gorontalo.

“Sekarang sudah ada kesepakatan batas wilayahnya, tinggal yang akan dilengkapai berkas pengusulan ke Kemendagri, sampai dikeluarkan surat keputusan,” tandasnya.

Ditambahkannya, tiga daerah yang baru, dan akan diusulkan tentunya masih dipelajari Gubernur, sebelum ditandatangani untuk diusulkan ke Kemengdagri.

Namun pada dasarnya sudah ada kesepakatan untuk batas wilayah, sehingga semuanya dapat berjalan baik, termasuk batas wilayah di Bolmong Raya, ungkapnya sembari mengatakan semuanya harus tuntas, mengingat daerah ini, menujuh pada pemekaran, yang tentunya salah satu syarat adalah batas wilayah yang harus jelas serta berdasarkan aturan.(alfa)