Bupati : Pelestarian Budaya Merupakan Prioritas dan Tanggung Jawab Bersama

sumendap
Bupati Mitra James Sumendap SH Saat Memberikan Sambutan di acara Seminar Budaya

manadoterkini.com,RATAHAN-Acara Seminar Budaya Minahasa Tenggara dilaksanakan di Green Garden Ratahan,Senin (10/04).Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Mitra James Sumendap SH.

Kadis Parbud Desten Katiandago SH dalam laporannya mengatakan kegiatan seminar budaya sangat penting dan strategis,lebih mengenal budaya Mitra dan bisa mengerti adat budaya.

”Kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan dengan maksud kekayaan budaya Mitra dapat dilestarikan dan tidak punah.Seminar budaya ini juga bisa menyatukan persepsi etnis di Mitra terutama bahasa daerah yang mulai terkikis dewasa ini di Mitra,”tutur Katiandago.

Bupati dalam sambutan berharap Seminar Budaya yang dilaksanakan ini jangan hanya sekedar seremonial, tetapi dapat menjadi momentum memurnikan pemahaman tentang budaya Mitra sekaligus menggali potensi-potensi budaya yang ada di Mitra.

”Seminar ini diharapkan dapat menjadi tonggak awal dalam pelestarian adat budaya Mitra agar tidak hilang oleh modernisasi dan dijadikan sarana untuk menggali secara mendalam kendala-kendala dalam melestarikan adat istiadat Mitra sesungguhnya,”terang Bupati.

Lanjut Bupati, ”Penting bagi kita untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda untuk tetap melestarikan adat budaya sebagai jati diri Mitra yang beragam.Pelestarian Budaya merupakan prioritas dan tanggung jawab bersama,jangan abaikan budaya hanya karena kepentingan tertentu,pererat tali persaudaraan antara etnis yang ada di Mitra,dan hasilkan tokoh-tokoh budaya sehingga dapat mengeluarkan keputusan gelar adat kepada seseorang,”harap Bupati.

Bupati juga mengusulkan agar hasil dari seminar ini untuk dapat lokakaryakan sehingga terbentuk wadah resmi suku yang ada di Mitra, yang nantinya bisa melahirkan tokoh-tokoh pemangku adat dan berkesinambungan sampai generasi seterusnya yang tujuannya adat budaya tidak akan punah.

Kegiatan seminar budaya diikuti oleh para tokoh masyarakat dan tokoh adat Tonsawang, pasan dan ponosakan yang mengambil tema Menapaki adat dan budaya Minahasa Tenggara (Tonsawang,Pasan dan Ponosakan).Hadir pula asisten III Drs Piether Owu, ME dan sejumlah Pejabat Pemkab Mitra lainnya.(Jay)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.