Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Momentum Harkitnas, GSVL Tekankan Pelayanan Publik

×

Momentum Harkitnas, GSVL Tekankan Pelayanan Publik

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 di Kota Manado, Walikota GS Vicky Lumentutmenitikberatkan pada pelayanan publik yang lebih baik. “Sekarang ini layanan publik masih terkendala karena birokrasi yang panjang. Kita ingin memutuskan alur birokrasi yang menjadi penghambat layanan kepada masyarakat. Ini yang menjadi tekad kami pemerintah Kota Manado,” ungkap Walikota GSVL saat bertindak sebagai Inspektur Upacara di Lapangan Sparta Tikala, Senin (22/5/2017).Harkitnas

Walikota GSVL menegaskan semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar namun terus menunjukan urgensinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Semangat itu sudah tercetus setidaknya 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedi Oetama, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa,” ujar Menkominfo seperti dikutip Walikota GSVL.

Seiring dengan itu, aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan menjadi penekanan khusus Presiden Joko Widodo pada awal tahun 2017 menjadi pemicu pembenahan pelayanan publik.

“Bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini. Malah sejak awal, dalam program Nawacita yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi,” terang Walikota GSVL mengutip sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia Rudiantara.

HarkitnasDikatakan GSVL,pemerataan yang dilakukan dengan membangun Indonesia dari pinggiran.”Dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,”ujar Menkominfo.

Diakui, urusan pemerataan pembangunan merupakan masalah semua bangsa, bahkan negara-negara maju juga tidak lepas dari isu kesenjangan yang sama.

“Beberapa bahkan mencatatkan indeks yang lebih tinggi, lebih senjang, diibanding Indonesia. Namun bagi kita, mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial adalah juga menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia,” tutur Walikota GSVL.

Satu abad lebih sejak berdirinya Boedi Oetomo, kata GSVL mengutip sambutan Menkominfo, telah memunculkan dimensi baru dalam lanskap sosial budaya seluruh umat manusia.

“Perubahan besar telah terjadi, yang kalau boleh kita rangkum dalam satu kata, kiranya digitalisasi adalah kata yang tepat,” tandasnya.

Upacara Peringatan Harkitnas ke-109 tahun 2017 berlangsung khidmat dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Manado, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Rum Dj Usulu, serta para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Manado, mengangkat tema pemeratan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan Nasional.(aldi)