Rabu, 27 Mei 2020

Sulut Akan Memproduksi Wine, Gubernur Jamin Harga Beli Gula Merah Menguntungkan Petani

manadoterkini.com, SULUT – Satu lagi terobosan luar biasa dari Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, karena tidak lama lagi di daerah ini akan ada perusahan khusus yang memproduksi minuman Wine.

sulut“Izin pembuatan wine sudah keluar, tak lama lagi akan diproduksi,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey, Selasa (23/05/2017) kemarin.

Dia pun menjelaskan hasil dari produksi wine tersebut nantinya akan dipasarkan ke luar daerah bahkan ke luar negeri.

“Nantinya produk wine asal Sulut akan diprioritaskan jual ke luar daerah dan ekspor ke luar negeri,” ungkap orang nomor satu Sulut ini.

Karena itu, Gubernur yang akrab disapa Pak Olly ini, mengharapkan petani cap tikus beralih memproduksi gula merah, dimana gula merah sebagai bahan baku pembuatan wine. Dia pun berkomitmen harga beli gula merah mengutungkan petani.

“Tapi lebih baik dibuat gula aren atau gula merah yang akan menjadi bahan dasar wine, yang harga beli pabrik akan tetap menguntungkan para petani enau,” terangnya.

Selain itu, permintaan gula merah juga datang dari Philipina. “Saat ini sudah ada permintaan gula merah satu kontainer yang akan dikirim ke Philipina dengan kapal Ro-Ro (Roll On-Roll Off). Jadi ini menguntungkan para petani enau, tanpa memproduksi cap tikus,” pungkas Gubernur.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*