Sabtu, 30 Mei 2020

Pemprov dan PLN Segera Realisasikan Penyaluran Listrik ke Siladen, Bunaken dan Lembe

wagub sulutmanadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) lagi berupaya melakukan pemerataan suplai energi listrik hingga ke kepulauan.

Kabar gembira, upaya tersebut sudah dibicarakan Pemprov Sulut, oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw dengan pihak PLN Suluttenggo, lewat Deputy Manajer Hukum dan Humas Jantje Rau, pekan lalu.

Dari pembicaraan kedua bela pihak, daerah kepulauan yang akan disuplai PLN Suluttenggo dalam waktu dekat, antara lain Bunaken, Siladen dan Pulau Lembe.

Hal ini juga sebagai komitmen Pemprov Sulut untuk mendukung pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara, dimana ketiga daerah ini merupakan destinasi pariwisata, terlebih Bunaken dan Siladen yang merupakan destinasi pariwisata laut yang menjadi andalan Bumi Nyiur Melambai.

Dari paparan Pihak PLN Suluttenggo, kondisi kelistrikan Sulut saat ini pada surplus 50 MW. Kondisi demikian memungkinkan penambahan penyaluran posokan listrik.

Hal ini disambut baik Wagub Kandouw, Dia mengatakan akan terus berkoordinasi dengan PLN untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur listrik.

“Ini berkat perjuangan pak Gubernur Olly Dondokambey dalam upaya mensejahterakan masyarakat kedua pulau tersebut. Ini merupakan salah satu program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK). Dengan adanya listrik ini pasti langsung memangkas kelebihan muatan pengeluaran pelaku-pelaku pariwisata yang mengandalkan genset,” ungkap Kandouw.

Selain destinasi wisata, pertimbangan lain juga, dua pulau yakni Bunaken dan Lembe merupakan pulau berpenghuni, dan sudah merupakan desa.

Sebagaimana diketahui, saat ini PLN tengah melakukan proses pembangunan kabel listrik bawah laut 20 kV yang menghubungkan Manado dengan Pulau Bunaken. Lewat pembangunan ini, nantinya sistem kelistrikan di Bunaken akan terkoneksi dengan sistem kelistrikan Sulut-Go sehingga daya pasok dan penyaluran listrik di sana bisa lebih besar dan dapat memberi dampak pada semakin meningkatnya peluang usaha dan investasi di Bunaken.

Turut mendampingi Wagub Steven Kandouw pada pertemuan dengan pihak PLN, Jumat (26/05/2017), Kadis ESDM  Ir B A Tinungki MM.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*