Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

DETIK-DETIK PROKLAMASI DI MANADO BERLANGSUNG HIKMAD

×

DETIK-DETIK PROKLAMASI DI MANADO BERLANGSUNG HIKMAD

Sebarkan artikel ini

HUT RI KE 72, WALIKOTA MANADO IRUP PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI

manado, HUR RI ke 72
Walikota DR IR Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSI DEA bertindak sebagai inspektur Upacara HUT RI ke 71 di Kota Manado

PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 tingkat Kota Manado berlangsung di lapangan Sparta Tikala Manado, dengan inspektur upacara (Irup) Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Kamis (17/08) pagi tadi.

Upacara yang dimulai pukul 09.40 Wita itu, ditandai dengan bunyi sirene bersahutan dari berbagai penjuru lapangan kebanggaan masyarakat Kota Manado tersebut, pertanda dimulainya detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2017.

Diawali dengan pembacaan Proklamasi yang disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Nortje Henny Van Bone. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh kelompok Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Manado yang terdiri dari pasukan 8, pasukan 17 dan pasukan 45.

manado, HUR RI ke 72
Penyerahan bendera merah putih oleh Walikota GS Vicky Lumentut kepada Pasukan pengibar bendera

Dengan langkah tegap, anggota Paskibraka yang terdiri dari siswa-siswi terbaik pada beberapa SMA/SMK di kota ini dan didukung penuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (KODIM) 1309 Manado, memasuki lapangan upacara.

Detik-detik menegangkan ketika pembawa baki Margie Gumogar siswi SMK Negeri 1 Manado, mulai menaiki 12 anak tangga di podium utama untuk menerima bendera merah putih yang diserahkan Walikota GSVL.

Namun, dengan kepercayaan diri yang tinggi, Margie berhasil membawa bendera merah putih sampai ke tiang bendera. Tugas selanjutnya diserahkan kepada tiga siswa putra yang bertugas menaikan bendera merah putih sampai ke puncak tiang. Secara keseluruhan tim Paskibraka Manado berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Usai upacara bendera, Walikota GSVL mengatakan momen perayaan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan hal wajib untuk dilaksanakan. Pasalnya, dengan perayaan tersebut akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa serta kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun 2017 ini sangat penting dan wajib untuk dilaksanakan. Karena, dengan perayaan seperti ini akan menggugah rasa nasionalis kita untuk lebih mencintai dan bangga dengan Negara ini. Kita juga berterima kasih kepada para pahlawan bangsa yang telah berkorban untuk kemerdekaan negeri ini,” tandas Walikota dua periode tersebut.

manado, HUR RI ke 72
Mengibaran bendera merah putih di lapangan sparta tikala

Disamping itu, tambah Walikota terbaik se-Indonesia, dirinya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Kota Manado, khususnya generasi muda agar memelihara kemerdekaan yang diberikan Tuhan melalui perjuangan para pahlawan kusuma bangsa.

“Untuk perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 ini, selaku Pemerintah Kota Manado mengajak masyarakat maupun jajaran perangkat daerah untuk merdeka. Merdeka dalam memperoleh hak dan menuntaskan kewajiban. Termasuk juga mengembangkan pribadi kita menjadi lebih baik, dengan tidak menyalahi hukum dan berbuat sesuai aturan yang berlaku. Dengan begitu, kita semua akan merdeka, merdeka untuk Indonesia yang lebih baik kedepan,” pungkas Walikota GSVL.

Tampak hadir para anggota DPRD Kota Manado, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Manado yakni Komandan KODIM 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh, Kepala Polresta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallagan SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Manado Budi H Panjaitan SH MH, Plt Sekda Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, serta para pejabat dilingkup Pemkot Manado, TNI dan Polri.(***)

 

KAPOLRESTA MANADO IRUP UPACARA PENURUNAN BENDERA

MESKI situasi dan kondisi cuaca tidak sama saat berlangsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 dan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 pagi, namun semangat para peserta upacara penurunan bendera, Kamis (17/08) sore tadi, tidak goyah.

manado, HUR RI ke 72
Kapolres Manado Komber Pol Drs Hisar Siallagan SIK bertindak sebagai inspektur upacara pada penurunan benderah di lapangan Sparta Tikala, Manado

Sempat diguyur hujan deras yang menyebabkan lapangan Sparta Tikala Manado becek dan tergenang air, upacara penurunan bendera tetap berlangsung khidmat dengan inspektur upacara (Irup) Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallagan SIK, dan dihadiri Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA.

LAPANGAN BECEK DAN BERAIR, LANGKAH PASKIBRAKA TETAP TEGAK

MENARIKNYA, tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas sore, terlihat tak gentar dengan lapangan yang berair dan becek.

manado, HUR RI ke 72
Penurunan bendera oleh Paskibra Kota Manado

Dengan langkah tegap, siswa-siswi terbaik se-Kota Manado didukung TNI dari KODIM 1309 Manado memasuki lapangan Tikala dan menuju ke tiang bendera. Tiga anggota Paskibraka putra masing-masing Farhan Pratama siswa SMA Negeri 8, Assagaf siswa SMA MAN Model dan Theofani Wonok siswa SMA Negeri 1, secara teliti menurunkan bendera merah putih yang berkibar sejak pagi hari. Selanjutnya, pasukan khusus upacara 17 Agustus itu, menuju podium utama.

Dengan sangat hati-hati, pembawa baki bendera merah putih Angelina Tuju siswa SMA Negeri 1 Manado menaiki tangga satu persatu. Bendera merah putih yang ada di baki selanjutnya diserahkan kepada Irup Kapolresta Manado untuk disimpan di peti kayu.

manado, HUR RI ke 72
Bendera merah putih disrahkan oleh Paskibra kepada Inspektur Upacara

Berakhirnya tugas Paskibraka dalam upacara tersebut, menutup kegiatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kota Manado di lapangan Sparta Tikala. “Terima kasih saya kepada adik-adik Paskibraka yang telah menjalankan tugas Negara mereka dengan baik. Ini akan menjadi contoh bagi teman-teman mereka di sekolah, baik di sekolah tempat mereka menempuh ilmu juga sekolah lainnya,” ujar Walikota GSVL, usai upacara sore tadi.

Tampak hadir mantan Walikota Manado Drs Wempie Frederik, Plt Sekda Manado Drs Rum Dj Usulu, serta para pejabat Pemkot Manado, TNI dan Polri.(*)

WALIKOTA GSVL SERAHKAN SK REMISI KEPADA NAPI RUTAN MALENDENG

MENGAWALI upacara Hari Ulang Tahun ke-72 dan detik’detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017, pemerintah pusat melalui Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) RI, menyerahkan Surat Keputusan pemberian remisi kepada narapidana dan tahanan di seluruh Indonesia.

manado, HUR RI ke 72
Walikota Manado menjadi Irup HUT RI di Rutan Malendeng

Hal itu juga dilakukan Rumah Tahanan (Rutan) Klas II Malendeng Kota Manado, Kamis (17/08) pagi tadi. Penyerahan remisi tersebut dilaksanakan dalam bentuk upacara bendera yang dipimpin Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA. Upacara berlangsung khidmat diikuti petugas Rutan dan narapidana Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta dihadiri unsur kepolisian, kejaksaan dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Hamonangan Laoly, dalam sambutan yang dibacakan Walikota GSVL mengatakan Remisi bukan anugerah pengurangan hukuman karena belas kasihan negara terhadap terpidana. Tetapi hak yang diberikan berdasarkan persyaratan yang diatur dalam Undang-undang, salah satunya UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

“Pemberian remisi juga meringankan beban lapas dan rutan yang ada di seluruh Indonesia. Mengingat, warga binaan pemasyarakatan di dalam negeri jumlahnya sudah mencapai 226.143 orang. Rinciannya, narapidana 156.613 orang dan tahanan 69.530 orang,” ujar Menkumham, seperti dikutip Walikota GSVL.

manado, HUR RI ke 72
Penyerahan remisi kepada narapida oleh Walikota GS Vicky Lumentut

Lebih lanjut dikatakan, dengan jumlah narapidana yang sangat besar, dapat menimbulkan dampak gejolak keamanan didalam lapas atau rutan. Tak hanya itu, pemberian remisi juga diklaim berdampak pada penghematan anggaran negara sampai Rp 102 miliar. “Ini jumlah yang sangat besar. Kalau tidak ada pemberian remisi umum, jumlah itu akan terus membesar,” tukas Laoly.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL menyerahkan SK pemberian remisi umum secara simbolis kepada 3 orang narapidana dari 11 napi penerima remisi tahun 2017. “Saya berharap, dengan remisi yang mereka terima di hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 ini, mereka akan menjadi warga yang baik dan dapat kembali ke masyarakat dan keluarga dengan tidak mengulangi perbuatan mereka,” ujar Walikota GSVL, didampingi Kepala Rutan Klas II Malendeng Manado Ahmad Zainal Fichri AMD IP SH.

Dalam kesempatan itu pula, Walikota GSVL menyerahkan bantuan satu unit kendaraan ambulance dari Pemerintah Kota Manado kepada Rutan Klas II Malendeng. Penandatanganan penyerahan ambulance dilakukan Walikota GSVL dan Kepala Rutan Klas II Malendeng Ahmad Zainal Fichri.manado, HUR RI ke 72

Sedangkan, pihak Rutan menyerahkan bingkisan sebuah lukisan tiga dimensi Perjamuan Suci hasil karya WBP Rutan Malendeng. Tampak hadir Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Manado Drs Rum Dj Usulu dan sejumlah pejabat Pemkot Manado.(***)

Hayati Pengorbanan Para Pahlawan, Pemkot Manado Gelar Toast Kenegaraan

RANGKAIAN perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 tingkat Kota Manado, dilanjutkan dengan acara toast kenegaraan yang berlangsung di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Kamis (17/08) siang tadi.

manado, HUR RI ke 72
Toast kenegaraan oleh Forum Pimpinan Daerah Kota Manado

Ajakan untuk menghayati arti perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa di hari bersejarah dengan melakukan pemasangan lilin berangka 72 serta toast bersama tersebut, dipimpin Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny Prof DR Julyeta PA Runtuwene bersama Ketua DPRD Nortje Henny Van Bone, Dandim 1309 Letkol ARM Toar Pioh, Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallagan SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Manado Budi H Panjaitan SH MH dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Drs Rum Dj Usulu.

Walikota GSVL mengajak kepada pemerintah dan masyarakat di Kota Manado untuk mampu menghargai jasa-jasa pahlawan kemerdekaan yang telah rela mati untuk negeri ini. Sehingga, jangan ada lagi yang memiliki pikiran untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).manado, HUR RI ke 72

“Mari kita satukan gerak langkah kita untuk menghayati nilai-nilai luhur Pancasila, serta pengorbanan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Negara ini. Jangan kita sia-siakan perjuangan mereka dengan menciptakan dis-integrasi bangsa yang membawa kehancuran negeri ini. Tetapi mari kita bertekad untuk terus menciptakan suasana yang aman, rukun dan damai di negeri ini khususnya di kota kita, Kota Manado,” tandas Walikota terbaik se-Indonesia itu.

Sejumlah pejabat Pemerintah Kota Manado, TNI/Polri, wartawan serta anggota Paskibraka secara bersama melakukan toast gelas kaca berisi minuman berwarna merah dan putih, sambil menyampaikan harapan untuk kejayaan Indonesia, Sulawesi Utara dan Kota Manado.

manado, HUR RI ke 72
Walikota GSVL bersama Prof Paula foto bersama Paskibra Manado

Acara yang berlangsung sederhana namun penuh makna itu, dibuka dengan doa oleh para tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dipimpin Pdt Renata Ticonuwu STh.(*)

 

ZIARAH NASIONAL, GSVL-MOR TABUR BUNGA DI TMP KAIRAGI

PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017, Rabu (16/08) kemarin, Pemkot Manado bersamaTNI/Polri melaksasana Ziarah Nasional dan tabor bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Manado.

manado, HUR RI ke 72
Tabur bunga di TMP Kairagi

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bertindak selaku inspektur upacara (irup) dengan peserta upacara terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian RI serta organisasi kemasyarakatan di Kota Manado.

Upacara berlangsung khidmat ditandai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta serta peletakan karangan bunga oleh Walikota GSVL. Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado Nortje Henny Van Bone, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Setda) Drs Rum Dj Usulu, melakukan tabur bunga diatas pusara para pahlawan yang dimakamkan di TMP Kairagi Manado.

manado, HUR RI ke 72
Foto bersama Pejabat Pemkot Manado dengan Walikota GS Vicky Lumentu dan Wawali Mor Bastiaan usai upacara tabur bunga dalam rangka HUT RI ke 72

“Sebagai anak bangsa menjadi kewajiban kita untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” ujar Walikota GSVL.

Olehnya, kegiatan Ziarah Nasional yang dilaksanakan di TMP setiap tanggal 16 Agustus, sebagai momentum untuk mengenang kembali jasa-jasa pahlawan Nasional. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado saya menyampaikan selamat menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Indonesia,” tandas orang nomor satu di Manado itu.(liputankhusus)