Dandim 1302 Minahasa Irup Hari Kesaktian Pancasila di Minsel

manadoterkini.com, AMURANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel), menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Upacara Kantor Bupati Minsel, Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur,Senin (2/10).manado

Dandim 1302 Minahasa Letkol Infanteri Jubert Nixon Purnama STh bertindak sebagai inspektur upacara (Irup). Dihadapan Wakil Bupati (Wabup), Franky Donny Wongkar SH, Wakil Ketua DPRD Rommy Pondaag SH MH, Frangky Lelengboto ST, Kepala Pengadilan Amurang, Sekdakab Drs Danny Rindengan MSi, Para asisten, Pimpinan perangkat Daerah (PD), dan para peserta upacara. Purnama menuturkan melalui Hari Kesaktian Pancasila, masyarakat dapat menggali kembali sejarah perkembangan Bangsa Indonesia, tepatnya pada 1 Juni 1945 Ir Soekarno, telah mengusulkan dasar falsafah negara yakni Pancasila.

Upacara ini dirangkaikan dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh anggota Korpri serta pembacaan Ikrar oleh Wakil Ketua DPRD Minsel Rommy Pondaag SH MH.

Ikrar pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017 yang dibacakan tersebut isinya adalah, Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya :

Bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan negara kesatuan republik indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI,

rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Dan dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” kata Pondaag.(dav)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.