Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususManado

Spektakuler, Manado Fiesta Inovasi GSVL Tunjang Pariwisata Sulut

×

Spektakuler, Manado Fiesta Inovasi GSVL Tunjang Pariwisata Sulut

Sebarkan artikel ini

Manado Fiesta 2018 Sukses

OPENING Ceremony atau pembukaan iven pariwisata Manado Fiesta 2018 berlangsung spektakuler di areal Pohon Kasih, kawasan Megamas Manado, Jumat (31/08) siang hingga malam.

manado
Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA

Kegiatan yang memasuki tahun ke-2 dengan tujuh festival yakni Fish and Coral (FisCo), Food, Flying, Fashion, Funtastic, Fair dan Faith itu, dihadiri Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tjahjo Kumolo, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama isteri Ritha Dondokambey Tamuntuan, Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito, serta pejabat teras Pemerintah Daerah, TNI dan Polri di Sulawesi Utara.

Manado Fiesta Iven Pariwisata Angkot Potensi Bawah Laut Bunaken

manado
Sambutan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut

WALIKOTA Vicky Lumentut mengatakan iven pariwisata Manado Fiesta 2018 bertujuan untuk mengangkat potensi bawah laut Taman Laut Bunaken dalam bentuk karnaval kendaraan hias, serta parade harmonisasi kerukunan dalam bingkai Manado sebagai Rumah Besar Kita Bersama.

manado
Wali Kota GS Vicky Lumentut menyalami Mendagri Tjahjo Kumolo dihadapan Gubernur Sulut Olly Dondokambey

“Dua hal yang hendak kita tonjolkan dalam iven Manado Fiesta, pertama kami ingin mengangkat apa yang ada di dasar laut Bunaken ke permukaan dalam bentuk karnaval kendaraan hias. Yang kedua, kita ingin sampaikan pesan kepada dunia luar bahwa Kota Manado menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan kerukunan. Meskipun, masyarakat Manado merupakan masyarakat yang majemuk, multi agama, multi etnis dan suku, namun bisa hidup berdampingan secara rukun dan damai,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

GSVL Usul Manado Fiesta Jadi Calender of Event Kementerian Pariwisata RI

WALI Kota Manado DR IR GS Vicky Lumentut SH MSI DEA, mengusulkan agar Manado Fiesta masuk dalam calender of Event Kementerian Pariwisata RI.

manado
Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Mendagri Tjahjo Kumolo terlihat akrab pada pembukaan Manado Fiesta 2018

Olehnya, Manado Fiesta akan dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado untuk dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Manado,

“Pak Menteri yang terhormat, saya mengusulkan agar kegiatan Manado Fiesta ini agar dibuatkan Perda. Sehingga, kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dengan payung hukum yang jelas. Siapapun yang jadi pemimpin di Kota Manado, harus menggelar Manado Fiesta setiap tahunnya karena sudah di Perda-kan,” tandas Lumentut.

 

Mendagri Tjahjo Kumolo Setuju Manado Fiesta Diperdakan

MERESPON usulan Walikota Vicky Lumentut terkait rencana Pemkot Manado bersama DPRD untuk mem-Perdakan Manado Fiesta, Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan persetujuannya.

manado
Sambutan Mendagri Tjahjo Kumolo pada pembukaan Manado Fiesta 2018

Menurutnya, iven pariwisata Manado Fiesta sejalan dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo. Dimana, pemerintah pusat tengah mendorong daerah, provinsi sampai kabupaten/kota untuk meningkatkan arus wisatawan asing berkunjung ke daerah.

“Saya setuju jika kegiatan Manado Fiesta ini di-Perdakan. Silahkan dibahas dengan DPRD, agar nantinya iven ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” tandas Mendagri, seraya menyampaikan terima kasih kepada Walikota Vicky Lumentut dan jajarannya atas penyelenggaraan kegiatan Manado Fiesta.

manado

Menurutnya, letak Kota Manado yang strategis di bibir Pacific, mampu meningkatkan arus kunjungan wisata baik lokal maupun mancanegara.

“Arus wisatawan yang masuk di Sulawesi Utara sangat banyak. Sehingga, pemerintah Pak Presiden Joko Widodo, terus mengarahkan dan mendorong daerah daerah untuk berlomba-lomba menyelenggarakan iven pariwisata.

 

Festival Fish and Coral dan Parade Rumah Besar Kita Berlangsung Spektakuler

manado

PEMBUKAAN Manado Fiesta 2018 diawali dengan atraksi laut dari TNI Angkatan Laut berupa simulasi pembebasan sandera dari gerombolan teroris, menyusul TNI Angkatan Udara dengan terjun payungnya.

Selanjutnya, satu persatu peserta parade Rumah Besar Kita memasuki areal panggung utama, yang dimulai dengan kendaraan hias milik Pemkot Manado bertuliskan Manado Cerdas Manado Rukun yang dinaiki Walikota Vicky Lumentut dan Ketua TP-PKK Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene serta Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan isteri Imelda Bastiaan Markus SE yang juga Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado.

manado manado

Menariknya, pada Kendaraan hias yang dinaiki Walikota Vicky Lumentut, terdapat pula para rohaniawan lima agama di Kota Manado dengan latar belakang tempat-tempat ibadah. Gelaran Manado Fiesta 2018 yang berlangsung 31 Agustus sampai 9 September itu, akan diakhiri dengan pengucapan syukur atau Thanksgiving Kota Manado.

manado

Pada kegiatan Thanksgiving ini tidak hanya dilaksanakan umat beragama tertentu, tetapi melibatkan seluruh agama dan lapisan masyarakat Kota Manado untuk open house mensyukuri berkat Tuhan Yang Maha Kuasa.(LiputanKhusus)