Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususMinahasa

Minahasa Didorong Jadi Pelopor Pemerintahan Yang Akuntabel dan Transparan

×

Minahasa Didorong Jadi Pelopor Pemerintahan Yang Akuntabel dan Transparan

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, TONDANO – Kabupaten Minahasa mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Karena itu, Kabupaten Minahasa diharapkan dapat menjadi pelopor dalam menuju pemerintah yang akuntabel dan transparan menuju reformasi birokrasi kelas dunia.

minahasa

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Asistensi Kemenpan RB Wilayah Provovinsi Sulawesi Utara/Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Sulut, Glady N L Kawatu SH MSi dalam Workshop Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten/Kota Yang Menjadi Piloting Tim Asistensi RB Daerah Provinsi Sulawesi Utara pada Selasa (21/05) tadi di Hotel Aston Manado.

“Secara khusus diucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa. kita berharap dengan komitmen kita semua, tahun depan kita akan memperbaiki nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Minahasa. Dengan harapan Minahasa dapat menjadi pelopor dalam menuju pemerintahan yang akuntabel dan transparan menuju RB Kelas dunia,” ungkap Kawatu.

minahasa

Kawatu juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah pusat yang telah memberi perhatian yang luar biasa kepada pemerintah provinsi dan kabupaten dalam rangka mendukung penilaian SAKIP.

Sementara itu, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi yang diwakili Sekretaris Kabupaten, Jeffry Korengkeng SH MSi mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang dapat meningkatkan kualitas kinerja jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa. Dengan tujuan meningkatkan nilai akuntabilitas kinerja pemerintah daerah dalam memperbaiki sistem manajemen.

manado

“Penguatan SAKIP dipandang penting dan sangat perlu dilakukan sebagai strategi dalam mempertajam pemahaman dan persepsi, tentang penerapan sistem akuntabilitas kinerja, guna mendukung terwujudnya Reformasi Birokrasi yang mantap,” ujar Korengkeng.

Lanjutnya, dalam mengimplementasikan SAKIP dengan baik, instansi pemerintah harus dapat memfokuskan kinerja pada hasil yang dirasakan oleh masyarakat. Mewujudkan efektivitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran serta mencegah penyimpangan dan pemborosan penggunaan anggaran.

“Selain itu, ukuran keberhasilan menjadi jelas dan terukur serta dapat menetapkan program/kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian sasaran yang akan dicapai serta melaksanakan rincian atas kegiatan tersebut sesuai tujuan kegiatan,” jelasnya.

minahasa

Asdep Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB Ronald Andrea Anas tak ketinggalan mengapresiasi jalanya pemerintahan di Kabupaten Minahasa.

“Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (ROR-RD) yang sangat luar biasa,” ungkap Anas.

“Asistensi ini merupakan transfer pengetahuan yang bersifat aplikatif dengan tujuan memberi pemahaman untuk mendukung semua tugas dan tanggung jawab perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan di instansi masing-masing,” sambungnya.

Momentum tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua Tim Asistensi Kemenpan RB Wilayah Provinsi Sulut/Kepala Biro Organisasi Sekretarian Daerah Sulut Glady N L Kawatu SH MSi, Asdep Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan pengawasan Kemenpan RB Ronald Andrea Anas. (fis)