Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususMinahasa Tenggara

Di Usia 12 Tahun Minahasa Tenggara Semakin Maju di Tangan “Sang Gladiator”

×

Di Usia 12 Tahun Minahasa Tenggara Semakin Maju di Tangan “Sang Gladiator”

Sebarkan artikel ini

mITRA

PEMBANGUNAN di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sangat nampak di era kepemimpinan Bupati James Sumendap. Tidak heran, saat merayakan HUT ke- 12 Tahun, setelah berpisah dari Kabupaten induk Minahasa Selatan, Sang Gladiator julukan baru bagi Bupati JS, banjir pujian dari berbagai kalangan, karena mampu mengsejajarkan pembangunan di segalah bidang dengan daerah yang sudah lebih dulu maju.

mITRA

Meski beragam persoalan manis-pahit pun sudah dilalui daerah Patokan Esa (Pasan, Tonsawang Ponosakan, Red) ini, namun tidak serta merta membuat Sang Gladiator pata arang. Terbukti pembangunan insfrastruk begitu Nampak sejalan dengan program Presiden Joko Widodo dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

mITRA hEBAT

Bahkan seiring berjalannya waktu, JS pun mampu membawa Pemkab Mitra keluar dari lubang jarum dalam pengelolaan keuangan. Dimana dalam pemeriksaan BPK RI perwakilan Sulut hingga tahun 2013 lalu hanya mendapat penilaian disclamer. Nanti ditangannyalah Pemkab Mitra mampu menunjukan perubahan.

mITRA hEBAT

Pembenahan besar-besaran pun dilakukan. Mulai pengelolaan keuangan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, pertanian, pariwisata perikanan semuanya digenjot.

MITRA HEBAT

Sejumlah program pro rakyat pun diterapkannya guna penopang pembangunan Kabupaten Mitra. Alhasil tingkat kesejateraan masyarakat terus meningkat. Sejumlah sektor pun jadi unggulan, bahkan ada yang melebihi diatas capaian daerah lain di Sulut.

mITRA HEBAT

Ide besar Bupati yang biasa disapa JS pun terus dilaksanakan dari tahun ke tahun pada selain diarahkan untuk pembangunan sejumlah infrastrukutur, juga menyasar pada peningkatan kesejahteraan, serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

mITRA

Adapun usia ke 12 ini tema ‘Menuju Era Informasi dan Teknologi’ digaungkan Pemerintah Kabupaten Mitra. Lantas tema tersebut seakan layak dan pantas dikarenakan di Kabupaten Mitra sendiri sejak awal 2018 ini sudah terlebih dahulu menerapkan sistem e-kinerja, e-budgeting dan e-planning.

mITRA HEBAT

“Setiap minggu laporan harian baik pembangunan ataupun keuangan harus dipaparkan ditiap papan SKPD, Setda, Setwan, Sekolah dan desa. Jadi dengan begitu jika ada laporan masyarakat bisa langsung sampaikan ke inspektorat. Selanjutnya inspektorat wajib menindaklanjuti dalam waktu 24 jam,” jelas Bupati Mitra James Sumendap yang turut menambahkan untuk dandes dan dana Bos wajib dilaporkan setiap pekan di rumah Ibadah, baik gereja ataupun mesjid.

MITRA HEBAT

Tak hanya sampai di situ, bahkan seluruh program pemkab ini dipastikan dipantau langsung ke link KPK kejaksaan, dan kepolisian. “Ini dalam rangka good govenance dan clean governance. Serta semuanya wajib sesuai aturan,” tambah Bupati yang berhasil membawa Mitra meraih opini WTP dalam tiga tahun terakhir.

MITRA HEBAT

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandow mengakui, infrastruktur dan kelayakan hidup di Mitra sudah sangat menonjol dibanding Kabupaten/Kota lainnya di Sulut.

MITRA HEBAT

“Sudah tepat apa yang dilakukan pemimpin selama ini khususnya pak Bupati James Sumendap yang telah dua periode memimpin. Saya salut kepada pak bupati dalam enam tahun memimpin sudah banyak trobosan dan inovasi yang di buat,” aku Kandouw.

MITRA HEBAT

Salah satu hal yang sangat di banggakan Wagub terhadap trobosan kepemimpinan JS yakni penerbitan Perda anjing gila. Karena ternyata hal tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

MITRA HEBAT

Hal yang paling urgent pun terkait sampah plastik sudah diterapkan di Mitra. Yakni pelarangan menggunakan air mineral yang menggunakan kemasan plastik. (Jay/Advetorial)