Ground Breaking RSUD Manado, GSVL : Ini sejarah dalam pelayanan kesehatan

GSVL
Sambutan dan arahan Walikota Manado GS Vicky Lumentut di acara Ground Breaking RSUD Manado

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Manado yang sudah lama dinantikan warga akhirnya segera terwujud, seiring diletakkannya batu pertama pembangunan rumah sakit yang berlokasi di Ringroad I, Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea, Jumat (14/02/2020).

Peletakan batu pertama atau ground breaking masing-masing antara lain oleh Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), Ketua TP-PKK Manado Prof DR Julyeta PA Runtuwene, Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan SE, Sekda Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, hingga Direktur Utama RSUD Manado Drg Sanil Marentek.

GSVL

Walikota GS Vicky Lumentut bersiap meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakita Umum Daerah Kota Manado

Groundbreaking ini merupakan awal pembangunan struktur RSUD yang akan menjadi sejarah berdirinya RSUD Kota Manado, dengan rencana pembangunan 7 lantai. Groundbreaking diawali dengan ibadah yang dilayani Hamba Tuhan, Pdt Roy Lengkong STh.

Walikota GSVL dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih sehingga boleh menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan RSUD Kota Manado.

“Puji Tuhan, agenda kita saat ini boleh berjalan dengan baik, diawali dengan doa dan ibadah, maka juga diakhiri dengan doa dan ibadah. Kata kunci keberhasilan kegiatan pembangunan adalah kerjasama, koordinasi dan komunikasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan ini,” ujar Walikota GSVL.

GSVL

Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Wakil Walikota Mor D Bastiaan, Sekda Micler CS Lakat dan jajaran dalam persiapan groundbreaking RSUD Manado.

Ia berujar bahwa pembangunan RSUD Kota Manado ini merupakan yang pertama di Kota Manado dan merupakan cacatan sejarah karena menghadirkan RSUD untuk memberikan pelayanan kesehatan baik dan cepat bagi masyarakat.

“Sebuah cacatan sejarah, pembangunan RSUD, yang pertama di Kota Manado dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan,” ucap Ketua Dewan Pengawas APEKSI ini.

Sementara itu terkait target pembangunan, GSVL memastikan akan selesai Desember 2020. “Kita akan menunggu alat yang akan ditempatkan, sehingga di awal tahun 2021 kita harapkan sudah dimanfaatkan,” tandasnya.

Akan dilengkapi dengan rumah duka

Kedepan, kelak bangunan sudah jadi maka RSUD ini akan dilengkapi dengan Rumah Duka, dengan biaya gratis.GSVL

“Kita mau membangun rumah duka di sini. Sehingga kalau ada keluarga yang berduka dan tidak sempat ke rumah pribadi, bisa memanfaatkan rumah duka yang ada untuk proses-proses menuju ke pemakaman,” ujar Walikota Manado dua periode ini.

Walikota GSVL memastikan, meski rumah sakit tersebut Tipe C, namun pelayanannya akan lebih baik, termasuk ketersediaan kamar jenazah.gsvl

Hal serupa dikatakan Direktur Utama RSUD Drg Sanil Marentek yang mengatakan, jika nanti beroperasi rumah sakit Tipe C ini kualitasnya setara Tipe A.

“RSUD Manado akan menjadi percontohan di Indonesia Timur dengan fasilitas lengkap ditunjang peralatan canggih,” kata Marentek.

Dilengkapi shopping center, gym hingga cafetaria

GSVL

Walikota GS Vicky Lumentut menerangkan sejumlah fasilitas penunjang dalam pembangunan RSUD Manado

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Ivan Sumenda Marthen dalam laporannya menyebut, pembangunan gedung RSUD berbanderol Rp89,5 Milyar, dana pinjaman dari PT SMI, dengan lama.

“RSUD ini akan dilengkapi fasilitas instalasi gawat darurat dan shopping center di lantai satu. Lantai dua ada poliklinik bedah dan penyakit dalam serta lantai tiga rehab medik dan fisioterapi aktif (gym). Ruang operasi umum dan lab bank darah di lantai empat serta ruang rawat ibu dan anak, rawat inap hingga cafeteria di lantai paling atas,” ujarnya.

Infrastruktur penunjang lainnya, lanjut Marthen, akan disediakan ruang tunggu keluarga pasien dan kos tenaga medis serta rumah duka untuk persemayaman warga yang meninggal.

GSVL

foto bersama di lokasi pembangunan RSUD Manado

Hadir dalam groundbreaking RSUD ini, antara lain Kadis Kesehatan dr Ivan Marthen dan jajaran, Direksi RSUD Kota Manado, hingga para pejabat Pemerintah Kota Manado.

(LIPUTAN KHUSUS)

GS Vicky Lumentut Pelayanan Kesehatan RSUD Manado Rumah Sakit Umum Daerah

Posting Terkait

Tinggalkan pesan