Penanganan Covid-19 di Manado, GSVL : Prosedurnya sesuai arahan Presiden Jokowi

SULUT

Walikota Manado GS Vicky Lumentut

UNTUK memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Manado, pemerintah kota mengacu pada prosedur berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo yakni peraturan pemerintah RI, serta peraturan dan perundangan. Demikian diungkapkan Walikota GS Vicky Lumentut, dalam rapat melalui video conference lewat aplikasi zoom, Senin (30/03/2020) kemarin dari Pukul 14.00-17.00 Wita.

Rapat membahas mengenai langkah yang akan diambil, untuk menekan penularan covid 19 di Kota Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diikuti Forkopimda Manado, Wakil Wali Kota, DPRD Kota Manado, Sekretaris Daerah Kota Manado, Kepala Perwakilan BI Sulut , Kepala OJK Sukutgomalut, Lembaga Leasing di Kota Manado, Ketua OP IDI Sulut, Ketua IDI Manado, Kepala Imigrasi Kelas I Manado, GM Angkasa Pura Manado, Kepala Kantor KKP Manado, perwakilan UMKM, Ketua FKUB, BKSAUA, FKDM, FPK dan perwakilan Satgas Covid-19 Manado, bersama pejabat di jajaran pemerintah Kota Manado.

manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut, gelar rapat lewat vidio conference

“Kalau untuk soal pergeseran anggaran dalam rangka penanggulangan covid 19 kita ikut aturan yang disampaikan Pak Mendagri. Karena memang benar kita harus siap dan waspada, jika kedepan ada kebijakan setelah pertimbangan situasi dan kondisi penularan covid 19. Saya juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah RI, mengenai program seperti pelonggaran cicilan selama satu tahun bagi pelaku usaha UMKM, pelaku usaha transportasi, driver taksi dan ojek online, dan lain sebagainya. Saya berharap instruksi Presiden Jokowi ini segera diterapkan,” tegas Wali Kota GSVL.

GSVL

Walikota Manado GS Vicky Lumentut pimpin rapat dari rumah lewat aplikasi zoom

Walikota, mengakui ada warga Manado yang mengusulkan mengenai Karantina Wilayah. Akan tetapi menurut Walikota aspirasi ini harus dipertimbangkan matang. Karena dengan membatasi ruang gerak di seluruh wilayah terlebih pintu masuk dan keluar Kota Manado, jangan sampai menimbulkan persoalan baru di masyarakat.

“Karantina Wilayah jelas akan sangat berpengaruh pada perekonomian. Saya sangat memahami dan setuju jika keselamatan rakyat Manado di atas segalanya. Tapi jangan sampai Karantina Wilayah ini memicu persoalan baru,” sebut Walikota.

Antisipasi Corona, Pemkot Manado Bentuk Satgas

manado

Kumpul instansi terkait, Walikota Manado GS Vicky Lumentut gerak cepat bentuk SATGAS Covid-19 di kediamannya

Guna melakukan kewaspadaan penyebaran Covid-19 atau Virus Corona di Kota Manado, Walikota, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, bentuk Satuan Tugas Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan Pencegahan dan Pengendalian Terhadap Penularan Corona Virus Disease (Covid-19), untuk mengoptimalkan berbagai langkah kesiapsiagaan. Pada rapat bertempat dikediaman Walikota, di Kecamatan Malalayang, Manado, Sabtu (15/03/2020) dihadiri Ketua TP PKK Kota Manado, Prof. DR. Julyeta PA Lumentut – Runtuwene, MS, DEA, serta para pejabat terkait dan tokoh agama.

“Satgas ini menjadi penting untuk menjadi referensi bagi masyarakat yang ingin mengkonfirmasi atau mungkin yang menemukan tanda-tanda yang dikhawatirkan itu menjadi penanda indikasi Virus Covid – 19,” ujar Walikota GSVL, sembari mengajak jajaran Pemerintah Kota Manado dan masyarakat Kota Manado untuk bersama-sama hadapi pencegahan Covid-19 seraya merendahkan diri berdoa meminta perlindungan Tuhan Yesus Yang Maha Kuasa.

Pantau Pasar Swalayan, GSVL : Jangan Panik, Stok Bahan Pokok Tersedia

Setelah Pemerintah resmi, mengumumkan satu pasien di Kota Manado positif corona, warga mulai panik hingga mulai marak berbelanja kebutuhan pokok. Hal tersebut terlihat pada postingan di sosial media yang menyatakan “Kondisi salah satu tempat berbelanjaan di Kota Manado yang mulai padati oleh pembeli”

manado

Walikota GS Vicky lumentut didampingi Ketua TP-PKK Manado Paula Runtuwene pantau swalayan pasca adanya kasus positif covid-19 di Manado

Menyikapi hal tersebut, Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH,M.Si, DEA bersama Ketua TP-PKK Kota Manado Prof. DR. Julyeta PA Lumentut – Runtuwene,MS, DEA, Minggu (15/03), sore hingga malam, melakukan inspeksi di sejumlah pasar swalayan, untuk memastikan ketersediaan bahan pokok mencukupi.

“Saya pantau pasar swalayan untuk pastikan ketersediaan bahan kebutuhan setiap hari. Puji Tuhan stok bahan keperluan setiap hari masih tersedia. Saya harapkan agar masyarakat tetap waspada tapi tidak perlu panik. Mari tetap berdoa untuk Manado agar dilindungi Tuhan,” ucap Ketua Dewan Pengawas Apeksi tersebut.

Cepat Tanggap, Pemkot Manado Rapat Satgas Penanganan Covid – 19

manado

Walikota GS Vicky Lumentut memimpin rapat Pemkot Manado dengan Satgas Covid-19 bersama dengan Forkopimda Manado

Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, bersama tim Satgas Penanganan Covid-19 melaksanakan rapat, di Ruang Serbaguna Kantor Walikota, Senin (16/03/2020). Rapat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Kota Manado, melibatkan unsur Forkopimda, instansi vertikal, pelaku kesehatan, seluruh instansi stakeholder dipimpin langsung Walikota, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.

Menurut Walikota, ini untuk menyamakan persepsi langkah yang diambil, sesuai instruksi presiden terkait penanganan yang harus diambil Pemda.

manado

Suasana rapat percepatan penanganan covid-19 di Kota Manado

“Selesai Rapat tim Satgas pencegahan penularan Covid-19 di kota Manado. Terima kasih kehadiran teman-teman Forkopimda dan Tim Satgas. Mari torang kerja dan edukasi rakyat Manado untuk hidup bersih dan sehat agar tidak terpapar Covid-19. Prioritaskan waktu untuk Doa pribadi tiap hari agar torang dlindungi Tuhan dari bencana, ” himbau Walikota.

Usai rapat tersebut Walikota mengatakan beberapa kebijakan diambil, seperti meliburkan siswa PAUD, TK, SD dan SMP mulai hari ini Senin 16 hingga 27 Maret 2020, termasuk untuk ASN dan THL sudah tidak lagi menggunakan fingerprint namun menggunakan absen manual. Pemkot pun mengimbau Mall, hotel dan pusat perbelanjaan untuk melakukan deteksi awal dengan melakukan pengukuran suhu dan handsanitizer. Pemkot bersama Satgas juga akan melakukan pelatihan untuk menangani pasien covid-19 bagi instansi terkait.

Pencegahan dan Penyebaran Covid-19 Sekolah di Manado Libur

Resmi Walikota terbitkan Surat Edaran, Nomor : 044/D.01/DIKBUD/203/2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Kepada, Kepala TK/PAUD, SD dan SMP Negeri/ Swasta se – Kota Manado.

Dimana, mulai Senin 16 sampai dengan 27 Maret 2020, kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan diliburkan. Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.

sekolah diliburkan

Walikota GS Vicky lumentut keluarkan surat resmi liburkan sekolah di Manado

Antisipasi Covid-19, GSVL koordinasi dengan Danrem 131/Santiago

manado

Walikota GS Vicky Lumentut temui Danrem 131 Santiago

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, terus melakukan langkah antisipatif dalam pencegahan dan penyebaran corona virus, termasuk ketika terjadi keadaan luar biasa dari merebaknya covid -19 ini dengan berkoordinasi ke Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri, di Korem Santiago, Jalan Sam Ratulangi Kota Manado, Selasa (17/03/2020). “Kita perlu mendiskusikan langkah-langkah antisipasi bagi pemerintah, bagi kita semua, agar kita tidak terdadak,” kata Walikota GSVL.

manado

Satgas Covid-19 dampingi Walikota GS Vicky Lumentut temui Danrem 131 Santiago

Dalam usaha bersama memerangi corona virus, Danrem 131 Santiago menegaskan terdepan dalam memerangi covid-19 tersebut. “Langkah antisipatif kita bersama, ketika terjadi keadaan luar biasa, sesuai dengan protokol yang dikeluarkan oleh Pemerintah sehubungan dengan penanganan covid -19,” tegas Danrem.

Walikota Manado keluarkan surat edaran bagi ASN dan THL

Langkah cepat diambil Walikota GS Vicky Lumentut untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Manado dengan mengeluarkan SURAT EDERAN, Nomor : 044/B.04/BKPSDM/207/2020 TENTANG PENYESUAIAN SISTEM KERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA MANADO.

manado manadoPantau aktifitas pasar bersehati, Walikota Manado bagi masker

manado

Walikota bagikan masker gratis bagi penjual di pasar bersehati

Ditengah usaha mengedukasi masyarakat sehubungan dengan pencegahan dan penanggulangan corona virus di Kota Manado, Walikota, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, terus bergerak bersama jajaran pemerintah dan semua stakholder terkait guna memastikan semua kegiatan masyarakat berjalan aman dan normal, termasuk hari ini, Rabu (18/03) Walikota memantau langsung aktifitas jual beli dan kebutuhan pokok masyarakat di pasar Bersehati Manado, sambil membagikan masker secara gratis

“Ini dilakukan untuk membantu warga yang setiap hari harus berada di pasar yaitu salah satu tempat ramai karena tuntutan pekerjaan ataupun keharusan untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap hari. Begitupun juga sebagai pemerintah kami tetap memantau ketersedian bahan pokok baik di swalayan maupun di pasar tradisional. Dan dari pemantauan kami baik di swalayan dan pasar tradisional ketersedian bahan kebutuhan pokok banyak tersedia, ” ucap Walikota Manado.

masker gratis

masyarakat pengunjung pasar pun tampias mendapatkan masker gratis

Mengingat stoknya yang terbatas, Walikota pun berharap, masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin cuci tangan dengan sabun, sebisa mungkin menghindari keramaian dan sebagainya.

“Untuk masker apa yang ada, itu dulu yang kami bagikan. Kami pun akan terus melanjutkan ini (bagi masker gratis) karena memang sedang jadi kebutuhan masyarakat yang perlu kami sebagai pemerintah perhatikan. Mari kita sama-sama lawan virus corona ini, patuhi apa yang sudah dianjurkan, terutama pola hidup sehat, cuci tangan dengan sabun,” kata Ketua Dewan Pegawas Apeksi ini.

Walikota keluarkan surat edaran bagi warga Manado

manado

Walikota GS Vicky Lumentut didampingi juru bicara Satgas Covid-19 Kota Manado drg Sanil Merentek

Dalam rangkah memutus mata rantai penyebaran covid-19, maka Walikota GS Vicky Lumentut mengeluarkan SURAT EDARAN NOMOR : 044/01/setdako/209/2020 TENTANG HIMBAUAN PENINGKATAN KEWASPADAAN DAN UPAYA PENCEGAHAN MELUASNYA WABAH VIRUS CORONA (COVID-19) BAGI SELURUH MASYARAKAT KOTA MANADO

Sehubungan dengan merebaknya penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) di Indonesia, dan sebagai upaya peningkatan kewaspadaan serta pencegahan meluasnya wabah COVID-19 ini di wilayah kota Manado, maka penting disampaikan beberapa hal (khusus para Tokoh Agama kecuali poin 1) sebagai berikut:

1. Seluruh Camat se-Kota Manado bersama dengan seluruh jajarannya (Lurah dan Kepala-Kepala Lingkungan) di wilayahnya masing-masing agar terus melakukan pemantauan terhadap potensi penyebaran virus Corona di wilayahnya masing-masing, dan segera melaporkan kepada Satgas Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan Pencegahan dan Pengendalian Terhadap

Penularan COVID-19 Pemkot Manado, atau melalui Call Center Manado Siaga 112 bila menemukan kasus suspect (terindikasi kuat) COVID-19 di lapangan.

2. Menghimbau masyarakat atau jemaat untuk tidak panik, dan tetap tenang dalam menerima informasi tentang penyebaran COVID- 19, serta tidak turut menyebarkan informasi yang tidak dapat dipastikan kebenarannya atau hoax terkait Covid-1 9.

3. Mendata, melaporkan dan mewajibkan semua warga masyarakat di wilayahnya

masing-masing yang telah melakukan perjalanan ke luar daerah (dalam/luar negeri) untuk melaporkan diri ke pemerintah setempat (kepala lingkungan/luraß) dengan menyampaikan daerah yang telah dikunjungi serta tempat domisili setelah kembali.

4. Memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dan jemaat, terkait COVID-19 tentang cara mencegah penularannya dengan cara rajin mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri, memakai masker yg baik ketika sedang sakit, menggunakan hand sanitizer, menutup hidung dan mulut dengan lengan atas ketika batuk atau bersin, mengurangi kontak fisik dengan orang Iain terutama dengan individu yang sakit, atau benda-benda yang dapat menyebarkan virus, mengganti jabat tangan dengan ucapan santun sambil meletakkan telapak tangan kanan di dada kiri, serta menyampaikan anjuran agar segera menghubungi Call Center 112 bila mengalami gejala demam, batuk, sesak dan gangguan pernafasan atau memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Tenaga medis di Call Center 112 kemudian alcan menentukan apakah pelapor dapat berobat secara mandiri ke puskesmas/rumah sakit terdekat, atau dijemput oleh tim khusus yang sudah dibentuk untuk menangani kasus tersebut langsung di lokasi tempat tinggal pelapor. Informasi dan edukasi dapat disampaikan dalam bentuk penyampaian melalui pengeras suara dan/atau sosial media kelompok.

5. Menghimbau khusus kepada para orang tua/ kepala rumah tangga untuk aktif pula memberikan edukasi dan pengawasan terhadap anak-anak dan anggota rumah tangga Ilainnya agar memanfaatkan waktu belajar dari rumah dan waktu sistem kerja working from home bagi para PNS, THL, honorer dan pekerja Iainnya secara benar serta harus berada dalam tempat tinggal kecuali dalam keadaan mendesak, seperti misalnya untuk memenuhi kebutuhan terkait pangan, kesehatan, dan ataupun keselamatan.

6. Menghimbau kepada masyarakat/jemaat agar semakin rajin berdoa dan beribadah meminta keselamatan dari ancaman COVID- 19.

7. Menginformasikan untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat jika memerlukan bantuan atau informasi Iebih lanjut.

Demikian untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA.

manadomanadoDitemui Walikota Manado, Kapolda: “Bersatu Kita Jaga Kota”

manadoWalikota Manado, DR, Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, terus bergerak bersama jajaran pemerintah dan Satgas Covid -19 Kota Manado, melawan corona virus lewat sosialisasi pencegahan dan penyebaran wabah tersebut. Kamis (19/03), Walikota berkesempatan berdiskusi dengan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol. Drs Royke Lumowa, MM, didampingi jajaran pemerintah Kota Manado.

“Terimakasih Pak Kapolda, atas waktu dan kesempatannya, boleh berdiskusi, dalam usaha kita bersama melawan corona virus, dengan langkah pencegahan dan penyebarannya.” ujar Walikota.

Sementara itu, Kapolda Sulut, mengajak semua bergandengan tangan bersama, dalam rangka mencegah penyebaran corona virus, mulai dari pemerintah, stakeholder, masyarakat, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

“Dengan pola hidup bersih dan sehat, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan mengikuti semua protokol terkait penanganan corona virus, serta tetap menjaga ketertiban dan keamanan ditengah masyarakat. “Bersatu kita jaga kota”,” kata Kapolda Lumowa.

Pemkot Manado manfaatkan Call Center 112manado

“Segera menghubungi Call Center 112 bila mengalami gejala demam, batuk, sesak dan gangguan pernafasan atau memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Tenaga medis di Call Center 112 kemudian akan menentukan apakah pelapor dapat berobat secara mandiri ke puskesmas/rumah sakit terdekat, atau dijemput oleh tim khusus yang sudah dibentuk untuk menangani kasus tersebut langsung di lokasi tempat tinggal pelapor” Demikian diungkapkan Walikota Manado GS Vicky Lumentut.

Tekan Penyebaran Covid -19, Pemkot Manado Pasang Tempat Cuci Tangan di Area Publik

manado

Walikota GS Vicky Lumentut memantau tempat cuci tangan yang disediakan perangkat daerah di area publik

Guna menekan penyebaran covid -19, di Kota Manado, Walikota, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, mengintruksikan agar jajaran Perangkat Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menyediakan tempat cuci tangan di ruang publik, dan langsung ditindaklanjuti dilapangan. Dan hingga Senin (23/03/2020) malam ini, sudah ada beberapa titik yang dipasang tempat cuci tangan. Tujuannya, menekan dan mencegah penyebaran wabah corona virus disease 2019 atau covid-19 di Kota Manado.manado

Walikota Manado Pantau Langsung Penyemprotan Disinfektan

manado

Walikota pantau langsung penyeprotan disinfektan di rumah ibadah

Dalam usaha bersama untuk penanganan pencegahan dan penyebaran covid -19 di Kota Manado, Walikota GS Vicky Lumentut langsung memantau kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan PMI Kota Manado, Satgas covid -19 Kota Manado dan BPBD Kota Manado di tempat publik, perkantoran, dan rumah-rumah ibadah, diantaranya, Kantor Pengadilan Negeri Manado, Malayang Satu Barat, RSUP Prof Kandou dan Kawasan Megas Mas.

Penyemprotan disinfektan

Penyemprotan cairan Disinfektan oleh Pemkot Manado dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran. (fotohumas)

Covid 19 GS Vicky Lumentut Pemkot manado Presiden Joko Widodo Walikota Manado

Posting Terkait

Tinggalkan pesan