Salurkan BLT, Walikota Bitung sosialisasi anjuran Presiden dan Siaga 5M

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat kelurahan Apela Satu dan Kelurahan Apela Dua, Kecamatan Ranowulu, Selasa (11/08/2020).

Selain menyalurkan BST, Walikota MJL juga mensosialisasikan terkait anjuran Presiden RI Joko Widodo atas upaya penanganan Covid-19 kepada masyarakat.

“Anjuran pak Presiden Jokowi, agar setiap masyarakat wajib memakai masker. Maka setiap orangnya memiliki sekurang-kurangnya 4 masker, sehingga gerakan memakai masker terus dilakukan pada masyarakat,” ujar Lomban.

Lanjutnya bahwa terkait sosialisasi, pengadaan dan pembagian masker dirinya akan melibatkan TP PKK, organisasi kewanitaan seperti Dharma Pertiwi, sebagaimana petunjuk Presiden Jokowi.

Dirinya berharap, langkah ini menjadi salah satu solusi percepatan penanganan Covid-19 di Kota Bitung.

Selain itu juga, Lomban juga melakukan sosialisasi SIAGA 5M sebagai gerakan memutus mata rantai penyebaran wabah Virus Corona kepada masyarakat Kelurahan Apela I dan Apela II. “Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Makan Makanan Bergizi dan Olahraga, Mohon pertolongan Tuhan Yang Maha Esa melalui doa,” tutur MJL

Seperti diketahui bahwa penyerahan BLT ini ikut dihadiri Asisten I Serda Franky Ladi, Asisten II Setda Jefry Wowiling dan sejumlah pejabat lingkup Pemkot Bitung.

Sesuai laporan yang disampaikan oleh pemerintah kelurahan Apela satu dan kelurahan Apela dua, jumlah penerima BLT untuk Kelurahan Apela I sebanyak 57 KK dan Kelurahan Apela II sebanyak 135 KK.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Max Lomban menjelaskan bahwa pada APBD Kota Bitung dialokasikan dana sebesar Rp. 366 juta untuk kelurahan dan dibagikan dua tahap, baik tahap I dan II, masing-masing Rp 183 juta.

Ia mencontohkan untuk Kelurahan Apela II, dialokasikan dana sebesar Rp 47,5 juta, dibagi ke masyarakat yang berhak menerima, sebesar Rp 300 ribu per Kepala Keluarga (KK) dari 135 KK penerima bantuan. Sisanya, digunakan untuk pengadaan fasilitas seperti tong air, tempat cuci tangan, masker, sabun, hand sanitizer dan lain-lain.

Untuk realisasi tahap kedua, akan dianggarkan dana yang cukup besar untuk pengadaan masker bagi masyarakat.

Lurah Apela Satu Senny Manansang, S.Sos dan Lurah Apela Dua Deitje K Inaray, S.Sos atas nama masyarakat Apela I dan Apela II menyampaikan terima kasih dan rasa bangga serta apresiasi atas kunjungan dan kehadiran langsung Walikota Bitung dalam penyerahan BLT kepada masyarakat. (Refly)

BLT Max lomban Presiden Jokowi walikota bitung

Posting Terkait

Tinggalkan pesan