Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Olly Dondokambey Siapkan Fresh Tuna Sulut Diekspor ke Jepang-China

×

Olly Dondokambey Siapkan Fresh Tuna Sulut Diekspor ke Jepang-China

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan terobosan penting untuk mendokrak ekonomi nasional dengan melakukan ekspor fresh tuna atau ikan tuna segar ke sejumlah negara diantaranya Jepang dan China.

Hal itu disampaikan Olly usai pertemuan dengan Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di kediamannya, Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (7/9/2020).

“Pemprov Sulut menjalin kerjasama dengan maskapai Garuda Indonesia untuk mempercepat distribusi produk perikanan Sulut ke negara tujuan dengan menggunakan pesawat tipe A 330 200,” kata Olly.

Adapun rute yang digunakan bisa direct flight Manado – Jepang atau Manado – China lewat jalur lain yaitu Manado – Jakarta – Jepang, Denpasar – Manado – Jepang atau Makassar – Manado – Jepang

Produk perikanan Sulut baik ikan tuna, ikan segar, frozen dan smoke akan diangkut dengan pesawat tipe A 330 200 yang dapat mendarat di Bandara Sam Ratulangi.

Ke depan seiring dengan pengembangan bandara diharapkan pesawat berkapasitas lebih besar yaitu tipe A 330 300 juga dapat mengangkut produk perikanan Sulut ke luar negeri.

Selain itu, Bandara Sam Ratulangi juga akan menjadi transit produk perikanan dari daerah sekitar Sulut yaitu Provinsi Maluku Utara, Papua, Gorontalo dan Maluku sebelum dieskpor ke luar negeri. (*/Rizath)