Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususPemerintahan

HUT Provinsi Sulut Ke-56, Olly Tampil Beda

×

HUT Provinsi Sulut Ke-56, Olly Tampil Beda

Sebarkan artikel ini

Olly Dondokambeymanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HUT ke-56 Provinsi Sulut di Lapangan Kantor Gubernur Sulut, Rabu (23/9/2020).

Meski suasana pada rangkaian kegiatan HUT Provinsi Sulut Ke-56 tampak berbeda dan serba terbatas akibat pandemi, namun sangatlah mengagumkan dan tak terhambat dalam melakukan setiap rangkaian kegiatan dengan menggunakan protokol kesehatan, bahkan kegiatan lainnya hanya melalui virtual saja.

Olly DondokambeyDalam upacara tersebut Gubernur Olly bersama sang istri tercinta ketua TP PKK Sulut Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan tampil berbeda dari perayaan-perayaan sebelumnya, Olly bersama Istri kompak mengenakan pakaian adat Sangihe dan tak lupa mengenakan masker.

Bukan tanpa alasan Olly memakai baju adat Sangihe. Pasalnya, Olly telah dianugerahi gelar adat “Pinuaheng Bulaeng Mamenongkati” yang berarti “Cahaya Emas dari Utara” dari masyarakat Sangihe saat perayaan Tulude di Manado pada tahun 2016 lalu.

olly dondokambeyGelar ini memiliki makna filosofi: “Seorang pemimpin yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Sulut khususnya masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe. (Bulaeng Natuahe Su Mamenongkati).

Meski tampilan berbeda tapi tak tergeser kan rasa syukur dan sukacita begitu mendalam sehingga, upacara puncak di hal kantor gubernur diikuti dengan penuh hikmad.

olly Dondokambey“Kiranya hari bersejarah ini akan membawa kenangan indah terpatri di hati sanubari kita, yang bermuara pada ” Sulut Hebat Indonesia Maju,” kata Olly.

olly dondokambeyBegitu juga rapat paripurna, walaupun sederhana tapi ada makna tersendiri menjadikan kenangan indah, apalagi disana Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw serta Ketua Dewan Andrew Angouw atas pencalonan di pilkada menjadi hari terakhir beraktivitas secara formal.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengajak masyarakat untuk memaknai peringatan HUT ke-56 Provinsi Sulut di tengah pandemi Covid-19 ini sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu.

olly dondokambey“HUT Provinsi pada tahun ini kita peringati dalam nuansa yang berbeda dan sederhana,  karena pandemi Covid-19. Kita rasakan sendiri,  jika semarak menyambut dan merayakan HUT Provinsi kali ini, tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Namun dalam kondisi apapun, selayaknya kita mampu mensyukuri dan memaknai peringatan HUT ke-56 Provinsi tercinta kita ini, sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh founding fathers, para pendahulu kita,” kata Olly.

Olly menuturkan, diusia 56 tahun Provinsi Sulut, spirit persatuan dan kebersamaan masyarakat dalam membangun bangsa dan daerah harus tetap terjaga agar progres pembangunan di Sulut akan semakin baik, yang pada muaranya dapat menjadikan Sulut semakin hebat lagi.

olly Dondokambey“Menjadi harapan, dalam peringatan momentum bersejarah hari ini, seluruh masyarakat dari Miangas sampai Pinogaluman, akan bersama-sama larut  dalam suasana sukacita melintasi sejarah panjang Sulawesi Utara yang semakin mapan diusia 56 tahun, sambil memaknai tahapan demi tahapan pembangunan yang berkelanjutan, serta menyatakan tekad, sikap  dan komitmen untuk terus berjuang bersama, bergotong royong, bersatu padu memberikan kerja  dan karya yang paripurna, demi kemajuan daerah, perkembangan pembangunan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Sulawesi Utara,” jelas Olly.

olly dondokambeyLanjut Olly, realita membuktikan bahwa kemajuan yang signifikan Provinsi Sulut tahun demi tahun hingga hari ini genap berusia 56 tahun, diraih karena stabilitas keamanan daerah yang kondusif dan terkendali; toleransi antar umat beragama yang terus terjaga; kerukunan di tengah masyarakat yang terpelihara; serta solidaritas dan semangat gotong-royong seluruh rakyat Sulawesi Utara  yang senantiasa menggelora.

“Bahkan survei Setara Institute dan survei indeks kerukunan  umat beragama Kementerian Agama RI dalam beberapa tahun terakhir ini, menjadikan Provinsi Sulawesi Utara sebagai salah satu daerah paling rukun dan paling toleran di Indonesia,” tutur Olly.

ollyAdapun upacara HUT ke-56 Provinsi Sulut turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Silangen-Lombok, para pejabat Pemprov Sulut, jajaran BUMN, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Adv/Rizath)