Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Percepat Penanganan Covid-19, Pemkot Manado Adakan Satu Unit Mobil PCR

×

Percepat Penanganan Covid-19, Pemkot Manado Adakan Satu Unit Mobil PCR

Sebarkan artikel ini

Walikota manadoPENYEBARAN Corona Virus Diseases (Covid) 19 di kota manado terus mengalami peningkatan bahkan telah ditetapkan oleh Tim gugus tugas nasional, kota manado kembali ke zona merah.

Untuk melakukan percepatan penanganan Covid-19. Pemerintah Kota (Pemkot) manado mengadakan satu unit mobil  polymerase chain reaction (PCR).

Penyerahan satu unit mobil PCR tersebut dilaksanakan di Youth center disaksikan Tim Pendamping Pengadaan Barang dan Jasa, Inspektur Kota Manado,  BPKP Perwakilan Sulut, Kejaksaan Tinggi Sulut dan Kejaksaan Negeri Manado, Senin (07/09/2020).

Walikota manadoDalam kesempatan itu, Walikota Manado, G.S Vicky Lumentut, mengapresiasi kehadiran satu unit mobil PCR milik Pemkot ini.

“Melalui pengadaan mobil PCR ini dapat mempercepat penanganan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Manado”ujar Walikota Vicky Lumentut.

Dikatakannya, Pemkot manado serius serius dalam penanganan pendemi corona virus tersebut, kala itu Januari awal covid-19 belum ada kasus terkonfrimasi di Kota Manado masih ramai di Wuhan Cina.

Walikota manado“Saya sudah melakukan koordinasi dengan Direktur RSUP Prof Kandouw Manado dan dilanjutkan dengan melihat dari dekat alat pengukur suhu tubuh di bandara Sam Ratulangi bersama Otoritas Bandara dan Karantina Kesehatan Pelabuhan Kelas II Manado, pasalnya Manado merupakan salah satu kota di Indonesia yang membuka penerbangan langsung dari Wuhan yang berpotensi terpapar corona virus”jelas Walikota Vicky Lumentut.

Lanjutnya, untuk langkah penanganan sudah dilakukan Pemkot manado jauh hari sebelum ada kasus pasien  01 pada 14 April lalu, sehingga dengan hadirnya mobil PCR ini kami berharap dapat segera bekerja guna percepatan penanganan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Manado, ujar Walikota.

Walikota manado“Diharapkan dengan adanya mobil PCR mempercepat tes swab dan hasil tes yang dikeluarkan lebih cepat, sehingga mempermudah tenaga kesehatan dalam melakukan tracing covid. Melihat kapasitasnya, mobil PCR bisa melakukan uji hingga 400 – 700 sampel per hari. Mari bersama kita bergotong-royong pemerintah dan masyarakat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Manado ini, dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan atur jarak fisik ketika ada di tempat umum, “ tandas WalikotaVicky Lumentut.

Walikota manadoSebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Manado, dr. Marini Kapojos dalam laporan pendahuluan dihadapan Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, bersama Tim Pendamping Pengadaan Barang dan Jasa, Inspektur Kota Manado,  BPKP Perwakilan Sulut, Kejaksaan Tinggi Sulut dan Kejaksaan Negeri Manado.

Menjelaskan pengadaan mobil PCR dengan 14 orang terdiri dari tenaga konsultan kesehatan dari RSUP Prof Kandouw Manado, dan tenaga kesehatan lainnya, dua tenaga administrasi dan dua tenaga sopir, dalam upaya percepatan tes swab untuk deteksi paparan virus corona.

(liputankhusus)