Gelar Musrembangkab, JS Prioritaskan Sinergritas Pemkab Mitra dan Masyarakat

mitramanadoterkini.com, RATAHAN – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah , memfokuskan pada percepatan pembangunan di semua sektor. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Minahasa Tenggara(MUSRENBANGKAB) pd Rabu(10/03/2021) dlm rangka Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) thn 2018 – 2023 dibuka langsung Bupati Mitra James Sumendap, SH.

Dalam Sambutanya Bupati James Sumendap, SH, mejekaskan MusrenbangKab pertama yang digelar di Sport holl, Rabu (11/3/2021).

Bupati Sumendao berharap dengan digelarnya Musrenbang ini dapat menyusun skala prioritas pembangunan untuk menjawab segala persoalan dan kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Mitra terus mendorong untuk melakukan percepatan-percepatan pembangunan di semua sektor, sehingga terwujudnya Rencana kerja Pembangunan Desa (RKPDes) dan Kecamatan sampai Kabupaten pada tahun 2018-2023 mendatang yang semakin partisipatif. Karena dalam kegiatan MusrenbangKab ini sebagaimana pada umumnya, merupakan usulan yang disampaikan,” ungkap Bupati usai menggelar MusrenbangKab.

Di hadapan peserta Musrenbang, Bupati James Sumendap mengungkapkan, perencanaan pembangunan tahun kedepan ini sangat penting, karena akan menjadi bahan untuk mengambil kebijakan sekaligus menentukan arah pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah.

“Karena itu, saya berharap semua pihak mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten hingga anggota DPRD Mitra dapat saling bersinergi dalam pelaksanaan Musrenbang, sehingga prioritas pembangunan dapat kita tentukan dan akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” paparnya.

mitraBupati JS juga menegaskan, pemerintah daerah akan terus melakukan percepatan-percepatan guna meningkatkan pelayanan dasar masyarakat, terutama peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur hingga pertanian, sehingga masyarakat dapat merasakan langsung manfaat dari apa yang telah dilakukan pemerintah daerah.

“Dengan sudah dilakukan Musrenbangkab, maka kita berusaha mengejar percepatan-percepatan. Artinya kita berusaha untuk melakukan rencana yang bisa efektif, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna,” jelas Bupati.

Bupati juga meminta agar Musrenbang ini dapat masuk dalam SKPD agar menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan ruang, agar menjadi kebijakan umum anggaran dan pelaporan yang perlu diprioritas agar benar-benar terkawal dan menyambung dengan apa yang benar-benar menjadi kebutuhan dan disuarakan oleh masyarakat di level bawah di semua sektor lainnya, baik infrastrukturnya, pelayanan kesehatan, pendidikan, peningkatan derajatnya dan juga percepatan dari penanggulangan kemiskinan.

“Kemudian juga hal-hal masalah sosial ini seluruhnya yang banyak item yang harus kita kejar termasuk bagaimana pemberdayaan-pemberdayaan rumah tangga keluarga, Budaya, perempuan dan juga peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)nya supaya bagaimana pasar-pasarnya dapat berjalan dengan baik serta sumber produksinya dari hulu sampai Hilir, sehingga bisa berjalan sirkulasi produksi sampai perdagangan mata rantai yang berjalan baik dan inflasinya bisa tinggi, karena inflasi ini potret bahwasannya sumber-sumber itu mengalami persoalan dan akhirnya itu mengalami daya beli yang kurang pada masyarakat,” jelasnya.

Selain dihadiri Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH jugadi Dampingi Wakil bupati Drs. Jesaja Yoke Legi Sekretaris Daerah(Sekda) David Harrywan Lalandos AP. MM dan Ketua DPRD Mitra Marty M. Ole.(win)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.