Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBolmong RayaEkonomi dan Bisnis

Pemkab Bolmut kembali percayakan Bank SulutGo

×

Pemkab Bolmut kembali percayakan Bank SulutGo

Sebarkan artikel ini

BSGmanadoterkini.com, MANADO – Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry Dendeng mengaku bersyukur dan merasa terhormat karena kembali dipercayakan Pemkab Bolmut untuk mengelola dana serta pengembangan aplikasi keuangan daerahnya.

Terbukti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Bank Pembangunan Daerah Wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) bersama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sekaligus mengandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut.

“Penandatanganan MoU mengenai Pemanfaatan Aplikasi Kas Daerah Secara Online yang Terintegrasi dengan Aplikasi Simda Keuangan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Pengelolaan Keuangan Pemkab Bolmut,“ ujar Dirut Jeffy Dendeng.

Sebagai bank daerah, Dendeng memastikan  BSG mendukung upaya peningkatan manajemen Pemkab Bolmut menuju penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih.

“BSG sangat mengapresiasi kerja keras dan usaha dari Pemkab Bolmut serta BPKP. Sehingga MoU ini bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dia menekankan, secara garis besar keberadaan system layanan Kasda Online memberikan dampak positif terhadap penyelenggaraan administrasi keuangan pemerintah daerah dan pelayanan kepada publik atau masyarakat.

Hal yang dapat dirasakan oleh pemerintah daerah, diantaranya :

  • Mengurangi risiko pengembalian berkas surat perintah pencairan dana (SP2D,red) yang dikarenakan adanya kesalahan nomor rekening atau nama bank tujuan,”ujarnya.
  • Pemerintah daerah dapat memantau kondisi keuangan kas daerah terkini melalui rekening koran setiap waktu.
  • Meningkatkan kontrol terhadap pengeluaran rekening kas daerah di bank oleh bendahara umum daerah (BUD) atau kuasa bud,” katanya.
  • Memudahkan kas daerah dalam melakukan integrasi dengan aplikasi pengelolaan keuangan eksternal yang sudah digunakan di pemerintah daerah,
  • Mempermudah kas daerah dalam membuat laporan terhadap laporan keuangan pencairan sp2d ke bank, dan mendekatkan pelayanan dan mempermudah administrasi bank dan kas daerah dalam proses pencairan sp2d.

Dendeng berharap, aplikasi kas daerah secara online system yang terintegrasi dengan simda keuangan, dapat memperlancar pelaksanaan transaksi pencairan SP2D.

“Mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah yang terkait dengan pencairan dari rekening kas umum daerah (rkud) ke rekening tujuan (rekening perangkat daerah, pihak ketiga maupun masyarakat) dengan konsep real-time online,  sehingga pelayanan semakin meningkat,” tandasnya.

Begitu pula dengan kualitas kinerja pengelolaan keuangan daerah, juga pasti akan semakin meningkat.

“Sehingga pada sasarannya, penerapan aplikasi dapat berjalan maksimal dan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi upaya pengelolaan keuangan dan pembangunan daerah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, akuntabel, bersih dan  efisien,” tekannya.

“Untuk itu sebagai bukti komitmen dari perjanjian kerjasama ini, kami pun berjanji akan selalu menjaga kepercayaan ini dengan memberikan pelayanan dan perhatian secara maksimal sehingga kepercayaan dan kerjasama ini dapat terus berlangsung pada hari-hari kedepan,”katanya.

Dengan ditanda tanganinya MoU, BSG berterima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Bolmut atas perhatian dan kepercayaan yang telah diberikan kepada “torang pe bank”.

“Kepada BPKP Perwakilan Sulut yang memfasilitasi pemerintah daerah dalam mempersiapkan aparatnya menghadapi perubahan, mendorong pelaksanaan tata kelola keuangan daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku, efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan auditable,” imbuhnya.

Di tempat yang sama Bupati Bolmut Depri Pontoh juga mengucapakan terima kasih kepada BSG yang selama ini sudah memberikan layanan terbaik.

Dia berharap MoU yang telah disepakati bisa menjadi landasan dalam memberikan layanan dan memperbaiki sistem keuangan daerah. “Semoga sinergitas ini bisa membawa Bolmut menjadi lebih baik,” tutupnya. (*/redaksi)