Sumendap Terapkan Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini

sumendapmanadoterkini.com, RATAHAN – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap inggin menerapkan pendidikan Karakter dan Pendidikan Berbasis Bakat atau Potensi Anak merupakan kunci dalam mencapai keunggulan di masa mendatang.

Menurut Sumendap, konsep pendidikan yang berorientasi pada dua hal ini sangat mempengaruhi kepribadian seseorang yang dididik secara pribadi, sehingga membentuk karakter dan kepribadian yang positiv dalam perkembanganya. Sebagaicara konseptual, kompetensi terdiri dari pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan kemampuan (abilities). Sementara, komitmen dalam keseharian diungkapkan dalam perkataan yang menyatakan sebuah kesanggupan untuk berbuat sesuatu.

“Antara kompetensi dan komitmen ini sesuatu yang tak bisa dipisahkan. Jika kompetensi lebih pada kemampuan personal, maka komitmen adalah jaminan bahwa sebuah proses mesti berkelanjutan (kontinuitas),” Jelas Sumendap.

Satu lagi yang mesti dipenuhi yakni karakter, yang merupakan cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama.

“Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggung-jawabkannya,” tandasnya.

Dengan adanya pengembangan karakter anak dengan sendirinya akan mempengaruhi perkembangan satu daerah.

“Siap dan tanggap dalam segala hal, perluh di ajarkan sejak dini,” tegasnya.(win)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.