OD-SK Sukses Angkat Peringkat Kerukunan Sulut

OD-SK Sukses Angkat Peringkat Kerukunan Sulut

penyerahan Petaka FKUB oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada Ketua FKUB Sulut Pdt Lucky Rumopa STh
Penyerahan Petaka FKUB oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada Ketua FKUB Sulut Pdt Lucky Rumopa STh

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey – Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) dinilai sukses mengangkat peringkat kerukunan di Sulut.

Kolaborasi OD-SK Mengerakkan Forum Kerjasama Umat Beragama (FKUB) bersama Badan Kerjasama Umat Beragama (BKSUA), Kanwil Kementerian Agama dan Kesbangpol Sulut mampu mendorong Sulawesi Utara naik peringkat 2 tingkat Nasional tahun 2020.

Padahal ditahun-tahun sebelumnya Sulut sempat menurun dan berada pada peringkat empat.

Hal ini Patut Diancungi Jempol ujar Ketua Asosiasi FKUB se-Indonesia ida Pangaliser Sukaet. Karena Peran Gubernur Olly Dondokambey SE dan Drs Steven Kandouw dalam memberdayakan FKUB, Kesbangpol dan Kementrian Agama sangat luar biasa dan bahkan para tokoh agama dilibatkan dalam kajian pengambilan keputusan strategis baik di bidang penerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

“Maka wajar Asosiasi FKUB Se- Indonesia memberikan penghargaan kepada bapak Gubernur Sulawesi Utara sebagai Gubernur Terbaik Pelopor Kerukunan dan Toleransi,” ujar Sukaet.

Lanjut Sukaet, yang menjadi parameter adalah OD-SK mampu membawa Sulut sukses dalam penanganan Covid-19 dan menjaga kerukunan serta memberi peran kepada Tokoh Agama.

“Salah satunya adalah melibatkan Tokoh Agama untuk menyalurkan bantuan dampak Covid-19 di rumah-rumah ibadah bahkan seluruh Tokoh Agama diasuransikan, ini luar biasa” jelas Sukaet.

FKUBHal senada juga di sampaikan oleh Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Dr. Nifasri, M.Pd .

“OD-SK mampu dan sukses mengerakkan kerukunan dari desa dan kelurahan bahkan motor penggerak FKUB Sulut, dan Badan Kesbangpol mampu mendorong penetrasi program kerukunan dan toleransi bisa terwujud, Kota Toleran dan Kabupaten Harmoni ada di Sulut.”

“Bahkan event Nasional dan Internasional dimana Sulut akan menjadi tuan rumah Konferensi FKUB Se-Indonesia Ke-6 dan Pekan Kerukunan Internasional pada tgl 17-22 November 2021.

Hajatan ini memberi dampak luar biasa bagi Indonesia untuk dunia internasional dan bagi daerah-daerah seluruh Indonesia.

Nifasri juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada Pdt Lucky Rumopa M.Th Selaku Ketua FKUB Sulut yang hari Rabu, (22/9/2021) dilantik oleh Gubernur Sulawesi Utara.

“Semoga Pdt Lucky Rumopa MTh bersama jajaran pengurus yang baru terus bekerja dengan baik dengan program inovatif sehingga mampu memberdayakan umat dan terus mengerakan Tokoh Agama melalui moderasi beragama sehingga Sulut terus menjadi contoh dan teladan dalam membangun kerukunan dan toleransi beragama dengan semangat “Torang Samua Ciptaan Tuhan”. ujarnya. (*/Rizath)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.