Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanHealthyPemerintahan

Berantas COVID-19 Secara Gencar, Ganip dan Olly Lepas Mobil Masker

×

Berantas COVID-19 Secara Gencar, Ganip dan Olly Lepas Mobil Masker

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, SULUT – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19

Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, S.E., M.M berasama Gubernur Sulut Olly Dondokambey melepas mobil masker untuk masyarakat di Provinsi Sulut.

Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat di Provinsi Sulut ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah pusat kepada daerah dalam rangka memberikan kesadaran tentang pentingnya protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.

Ganip Warsito sendiri melepas 37 unit mobil masker yang berisikan total 500 ribu masker, 100 ribu hand sanitizer, 100 ribu sabun batang.

Dari 37 unit mobil masker ini nantinya akan disalurkan melalui
BPBD Provinsi 5 unit, Manado 4 unit, Tomohon 1 Unit, Bitung, 2 unit, Minahasa 1, Minut 3 unit, unit, Minsel 2 unit, Mitra 2 unit, Bolmong 2 unit, Boltim 1 unit, Bolsel 1 unit, Bolmut 1 unit, TNI 6 unit, Polri 6 unit.

Dalam sambutannya, Ganip menjelaskan bahwa kegiatan Gerakan Mobil Masker ini merupakan program Satgas Penanganan COVID-19 tujuannya adalah memberikan edukasi, sosialisasi dan mitigasi dari penularan COVID-19.

“Ini adalah implementasi dari pelaksanaan program Satgas Penanganan COVID-19 dalam bidang perubahan sikap perilaku, dalam bidang relawan dan bidang komunikasi publik, yang tujuannya adalah membiasakan masyarakat lebih disiplin penggunaan masker dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” jelas Ganip.

Dalam edukasi ini dimaksudkan adalah untuk sosialisasi terhadap protokol kesehatan, khususnya di dalam penggunaan masker, edukasi kepada masyarakat menggunakan masker yang benar dan membiasakan menggunakan masker sehari-hari.

Masker sebagai bagian dari alat protokol kesehatan menurut Ganip memiliki analogi yang sama dengan fungsi dan kegunaan payung.

“Payung tidak bisa menghentikan hujan, namun payung bisa melindungi diri manusia dari hujan, sama seperti penggunaan masker, sehingga penggunaan masker memiliki arti penting bagi seseorang agar terhindar dari paparan COVID-19.

“Masker dan vaksin tidak bisa menghentikan atau menghilangkan COVID-19 di muka bumi ini. Tapi masker bisa mengurangi atau menghindari keterpaparan kita dari COVID-19 dan vaksin bisa membantu melindungi diri dari COVID-19 secara fatal apabila terpapar COVID-19,” jelas Ganip. (Rizath)