Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Nusa UtaraPemerintahan

Status Aktivitas Gunung Awu Meningkat Masyarakat Dihimbau Waspada

×

Status Aktivitas Gunung Awu Meningkat Masyarakat Dihimbau Waspada

Sebarkan artikel ini

gunung awumanadoterkini.com, SULUT – Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral, Eko Budi Lelono dalam suratnya Nomor T-474/GL.03/BGL/2021 menyatakan Peningkatan Tingkat Aktivitas Gunung Awu, menjadi Level II (Waspada).

“Dengan ini kami sampaikan hasil evaluasi tingkat aktivitas Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara hingga tanggal 11 Desember 2021, berdasarkan pengamatan visual dan instrumental Berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya maka terhitung mulai tanggal 12 Desember 2021 pukul 12.00 WITA tingkat aktivitas Gunung Awu dinaikkan dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada),” jelas Lelono.

Menurut Lelono secara geografis, Gunung Awu terletak pada posisi koordinat 3.6828460 LU dan 125.455980 BT. Puncak Gunung Awu berada pada ketinggian 1320 m di atas permukaan laut.

Secara administratif, Gunung Awu berada di Pulau Sangihe yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Gunung Awu diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berlokasi di Jl. Radar Tahuna, Kecamatan Apeng Sembeka, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

“Gunung Awu memiliki interval erupsi berkisar antara 1 hingga 101 tahun. Gunung Awu memiliki potensi erupsi dengan eksplosivitas tinggi serta secara historis termasuk gunung api yang paling banyak mengakibatkan korban jiwa di antara gunung api lainnya di Sulawesi Utara dan paling mematikan keempat di Indonesia dengan korban total setidaknya 5301 jiwa,” jelasnya lagi.

Karakteristik erupsi Gunung Awu dapat bersifat magmatik eksplosif, efusif maupun freatik. Erupsi
terakhirnya pada Juni 2004 menghasilkan kolom erupsi setinggi 2 km di atas puncak dan menyisakan kubah lava di dalam kawahnya yang memiliki diameter sekitar 370 meter dan tinggi sekitar 30 meter tambah Lelono.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Daerah Sulut Evans Steven Liow SSos MM menyatakan agar pemerintah kabupaten/kota khususnya Sangihe untuk segera melakukan sosialisasi.

“Arahan Pak Gubernur, Pemerintah kabupaten sosialisasi perkembangan Gunung Awu,” kata Liow. (*/Rizath)