Tingkatkan Capaian PAD Tahun 2022, Ini Rencana dan Program Strategis Bapenda Manado

Henny Taoganmanadoterkini.com, MANADO – Rencana dan program strategis telah disiapkan untuk meningkatkan capaian PBB tahun 2022 telah disiapkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Manado dengan melibatkan perangkat Kecamatan, Kelurahan hingga Ketua Lingkungan. Demikian diungkapkan Kepala Bidang PBB dan BPHTB Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado, Henny Toagan kepada manadoterkini.com.

“Kiat-kiat untuk menaikan penerimaan PBB sedang melakukan himbauan/penagihan tunggakan PBB. Diantaranya Pendataan Obyek-obyek yang baru dan mengadakan penilaian individu/perumahan-perumahan,” ujarnya.

Dengan adanya pandemi sejak tahun 2020 capaian PBB dalam dua tahun terakhir menurun cukup drastis berbanding lurus dengan tingkat perekonomian warga Kota Manado yang melemah dihantam pandemi covid-19.

“Untuk tahun 2022 Pemkot Manado menargetkan capaian PBB senilai Rp56,991 miliar,” katanya.

PBB merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah untuk membiaya pembangunan di Kota Manado, maka sosialisasi pentingnya melakukan pelunasan PBB sebagai wujud kewajiban dan ketaatan serta turut terlibat dalam pembangunan dengan membayar pajak.

“Pembayaran PBB dapat dilakukan di Bank Sulut, Kantor Pos Indonesia atau datang langsung ke Kantor Bapenda Kota Manado,” terang Henny.

Untuk diketahui realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Manado mencapai Rp23 miliar di tahun 2021.
Dimana realisasinya belum mencapai target yang ditetap senilai Rp45 miliar, hal ini disebabkan minimnya kesadaran masyarakat dalam membayar PBB serta merupakan akumulasi dari situasi pandemi di Kota Manado yang belum selesai. (aldi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.