Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Viral Video Bandara Internasional Sam Ratulangi Seperti “Kandang Ayam” Direspon Masyarakat

×

Viral Video Bandara Internasional Sam Ratulangi Seperti “Kandang Ayam” Direspon Masyarakat

Sebarkan artikel ini

samratulangimanadoterkini.com, SULUT – Viralnya video Bandara internasional Sam Ratulangi yang dinilai layaknya “kandang ayam” yang dibuat Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut di terminal kedatangan penerbangan Luar Negeri (LN), Jumat (6/5/2022) langsung mendapat respon dari personil Komisi IV  DPRD Sulut Bidang Pariwisata Melky Jakhin Pangemanan.

“Saya kira pelayanan yang baik dan cepat kepada para penumpang baik turis asing, maupun warga negara kita, wajib dilakukan oleh pihak KKP, imigrasi dan Angkasa pura,” tegas politisi muda ini

Karena menurut politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu hal ini sejalan dengan program Pemerintah Propinsi Sulut yang sedang memajukan sektor pariwisata.

“Mengingat kita lagi berusaha memulihkan keadaan ditengah pandemi. Butuh energi positif dan pelayanan prima bagi para penumpang. Jangan sampai Sulut dicap tidak baik dalam penanganan penumpang pesawat dari luar negeri,” jelasnya lagi.

“Saya sudah lihat video yang beredar. Kalau kejadian seperti itu jelas sangat memiriskan dan juga memalukan. Sulut sebagai tujuan wisata internasional harusnya pelayanan terhadap penumpang lebih baik tidak seperti itu.

Pelayanan semacam itu sangat parah. Antrian masih panjang, tandanya tidak siap. Harusnya sediakan konter yang lebih banyak sehingga bisa lebih cepat dalam melayani para penumpang.

Hal ini sama saja dengan tidak mendukung upaya pemerintah di bidang pariwisata. Padahal lagi giat-giatnya memasarkan Sulut sebagai destinasi wisata di masa pandemi,” tutur Pangemanan.

Terkait dengan sorotan itu Kepala KKP Kelas 2 Manado Yohanes R Patari SE MKes menilai tak mendasar sorotan yang ditujukan pada pihak.

“Motifnya apa? Karena jika dikatakan kami tak mendukung program gubernur dalam memajukan pariwisata itu tak mendasar,” jawab Patari saat dikonfirmasi lewat telepon selular Sabtu (07/05/2022) malam.

Sebab menurutnya pihaknya berkerja mengacu pada aturan yang berlaku.

“Apa yang kami lakukan sesuai dan mengacu dari SE (Surat Edaran,red) Satgas Covid 19 Nasional. Jadi jika dikatakan kami tak mendukung visi dan misi gubernur apa dasarnya,” tandas Patari.

Lebih jauh Patari juga menekankan bahwa pihaknya bekerja sesuai regulasi yang ada.

“Kami juga bekerja mengacu pada UU no 6 tahun 2018, semua jelas sesuai aturanm Begitu pun jika rekan-rekan media ingin mengetahui silakan baca di Pasal 90 sampai pasal 93,” terangnya lagi.

Pada kesempatan ini juga Patari mengatakan bahwa terkait video viral ini sudah ada klarifikasi dari pihak yang membuat dan mengedarkan.

“Video klarifikasinya sudah ada. Dan saya sudah diundang oleh Asisten 2 Pemprop Sulut untuk melakukan rapat bersama terkait hal ini pada Senin ini, tentu saya siap hadir serta menjelaskannya,” pungkas Patari.

Sebelumnya saat dikonfirmasi Jumat kemarin, Patari menjelaskan bahwa pihaknya sudah melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang ada.

“Memang ada antrian yang telah diatur oleh pihak bandara dan memang seperti aturan pada penumpang kedatangan dari luar negeri. Ketiga adalah ini mengacu dari surat edaran Satgas Covid Nasional tentang pelaku perjalanan dari luar negeri,” terang Patari.

“Memang pemeriksaan ketat harus dilakukan karena pengalaman kami masih ada yang tak sesuai, seperti ada yang tak membawa surat pemeriksaan anti gen padahal baru sekali melakukan vaksinasi,” jelasnya lagi.

Intinya menurut Patari pihaknya telah melayani sesuai prosedur ketentuan yang ada.

“Yang kami tahu pelayanan petugas KKP lancar dan tak ada kendala, karena kami saja menyediakan enam meja untuk pemeriksaan. Dan selama pemeriksaan yang merupakan kewenangan kami semua berjalan lancar,” jelas Patari.

Sebelumnya beredar sejumlah video yang merekam suasana saat kedatangan penerbangan LN di Bandara Samrat Manado, Jumat (6/5/2022) siang.

Video  direkam dan diedarkan oleh Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut yang juga merupakan salah satu penumpang di penerbangan luar negeri tersebut.

Pada 3 video yang beredar dengan durasi yang pendek tersebut, tampak yang merekam Wenny Lumentut memperlihatkan antrian yang menumpuk tak beraturan sebelum masuk ke ruang pemeriksaan administrasi.

Tampak juga ada seorang petugas yang berjaga di pintu masuk menuju tempat pemeriksaan administrasi.

Dalam video jelas terlihat antrian di lorong dari dua sisi menuju ke pintu masuk, tampak pendatang yang sebagian besar turis asing berdiri berdesakan menunggu masuk ke ruang tempat pemeriksaan administrasi.

Tampak antrian berdiri di luar cukup panjang hingga ke pintu masuk, begitu pun yang terjadi di dalam ruangan.

Sedangkan dalam ruangan juga terlihat terjadi antrian dengan para penumpang sedang duduk di bangku yang berjejer untuk menunggu panggilan.

Sambil merekam tampak suara Wenny Lumentut menyorot pelayanan buruk di terminal kedatangan LN tersebut.

Beberapa kali mantan anggota DPRD Sulut ini menyebut pelayanan yang diberikan pada turis yang datang seperti di kandang ayam.(*/Rizath)