Olly Dondokambey Bawa Bantuan di Lokasi Bencana Alam Amurang

Bantuan dari Pemprov Sulut sebesar Rp. 6 miliar

bantuan
Gubernur Sulut Olly Dondokambey bawa bantuan untuk korban bencana alam di Amurang, Minahasa Selatan

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berkunjung ke lokasi bencana alam Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Senin (11/7/2022).

Tak hanya lokasi bencana yang diduga akibat abrasi, namun Gubernur juga meninjau lokasi tempat pengungsian yang ada di Kelurahan Lewet dan lokasi tempat hunian sementara.

Di kesempatan itu, Olly Dondokambey memberikan bantuan dari Pemprov Sulut sebesar Rp. 6 miliar diantaranya ibagi 5 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan sisanya dialokasikan bagi kebutuhan korban bencana.

“Target kita agar supaya ketersediaan tempat  relokasi bagi para korban bencana alam cepat-cepat tersedia sehingga pemerintah Provinsi menyiapkan 1 miliar untuk pembangunan rumah hunian sementara,” tutur Olly di Kantor Bupati Minsel usai pantau lokasi bencana.

“Baru kita siapkan 5 miliar sebagian pembebasan lahan dan sebagian pembangunan infrastruktur jalan supaya mereka datang ke situ sudah bisa dan lahannya sudah siap,” tuturnya.

Olly Dondokambey menambahkan bahwa akan meminta bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan rumah hunian tetap.

“Tentunya kita melihat hal-hal lain dalam rangka upaya pembangunan pascabencana ini. Kita akan mendorong agar supaya tidak macet di muara sungai itu ada satu jembatan kita bikin jembatan (baru) jadi lempengan. Jalan kita alihkan tidak lagi lewat tempat bencana. Itu target dalam waktu dekat,” jelasnya.

Untuk target jangka panjang, kata Olly, akan dibuat jalan lingkar dari Amurang hingga ke Kapitu.

Kunjungan Gubernur Sulut ini sendiri disambut Bupati Minsel Franky Wongkar dan Wakil Bupati Petra Rembang serta Penjabat Sekdakab Minsel Glady Kawatu. (*/Rizath)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.