Ambulance Laut, Pemkot Manado Jangan Anak Tirikan Kesehatan Warga Kepulauan Bunaken

manadomanadoterkini.com, MANADO – Ambulance laut bagi warga Kepulauan Bunaken, sangat mendesak untuk diadakan oleh Pemkot Manado

Pasalnya, untuk menjakau rumah sakit yang ada di Ibu Kota Manado, warga Palau Manado Tua, Pulau Bunaken dan Pulau Siladen sangat kesulitan, jika ada warga yang sakit berat.

“Jangan anak tirikan kami (warga,red) yang berada di Kepulauan. Kerena kami juga warga Kota Manado yang butuh perhatian dalam bidang Kesehatan,” ujar warga Kepulauan Bunaken.

Terbukti selama ini kalau ada permintaan rujukan dari Puskesmas di kepulauan, mereka hanya menggunakan transportasi ala kadarnya. Jika menggunakan transportasi sewa, mereka harus menunggu beberapa jam untuk menyeberangi lautan sampai ke Kota Manado.

Begitu juga saat tiba di Manado, masih harus menunggu kendaraan untuk ke rumah sakit.

“Kasihan kan nyawa manusia. Masih untung kalau selamat sampai ke rumah sakit. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan” ungkap seorang warga Kepulauan Bunaken.

Tak ayal, kesulitan tersebut disampaikan warga Kepulauan Bunaken kepada Wakil Ketua DPRD Manado, Adrey Laikun agar bisa menfasilitasi kepada Pemkot Manado.

“Bapak, tolong kalau boleh fasilitasi dan sampaikan ke pemerintah kota untuk adakan transportasi yang rutin melayani warga kepulauan ke kota Manado,’’ kata seorang ibu kepada Laikun.

Gayung bersambut, Politisi Partai NasDem ini mengakui perlu adanya
tranportasi pelayanan kesehatan antar pulau atau ambulance laut.

“Aspirasi ini menurut saya sangat mendesak untuk diadakan pemerintah kota. Karena ini masalah kesehatan. Masalah nyawa seseorang,” ujar wakil rakyat Dapil Tuminting, Bunaken dan Bunaken Kepulauan ini.

Bahkan Laikun berjanji akan memfasilitasi pengadaan Ambulance Laut, lewat Dinas Kesehatan untuk menjawab kebutuhan masyarakat kepulauan.

“Ini menjadi perhatian khusus saya, dan pemerintah kota tolong perhatikan aspirasi masyarakat kepulauan ini,” tegas Laikun.

Laikun pun menambahkan hal ini butuh perhatian serius Pemkot Manado mengingat kehidupan masyarakat kepulauan dibawa rata-rata.

“Dengan adanya Ambulance Laut akan sedikit meringankan beban hidup mereka. Karena sakit tidak ada seorang pun yang meminta. Apalagi yang mendadak akan dirujuk dari puskesmas. Kasihan kan, mereka harus mengeluarkan biaya lagi,” tandas suami tercinta Pdt. Meilany Polii ini. (malz)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.