Likupang International Fishing Competition 2022, Ini Pesan KASAL Yudo Margono

sulut
Wagub Sulut Steven Kandouw mendampingi KASAL Yodi Margono membuka Likupang International Fishing Competition 2022

manadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono membuka secara resmi Likupang International Fishing Competition (L-FIC) 2022 di Hotel Paradise Likupang Minahasa Utara, Rabu (14-9-2022).

Kegiatan yang memperebutkan Piala Presiden RI Joko Widodo ini berlangsung sejak tanggal 14-18 September 2022 dalam rangka memperingati HUT ke-58 Provinsi Sulawesi Utara.

Mengawali sambutannya, Steven Kandouw memberikan apresiasi kepada KASAL sudah berkenan datang dari jauh, meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini.

Kandou menjelaskan kondisi geografis Sulut yang sebagian besar berada di garis laut.

“Sulut terdiri dari 15 kabupaten/kota, 2 kotanya tidak ada laut, sisanya semua berada di garis laut, bahkan 3 kabupaten kita berada di kepulauan,” jelasnya.

“Kita ini adalah pintu gerbang di Pasifik untuk Indonesia. Dan kenapa kegiatan ini dibuat atas keinginan Bapak Gubernur karena ini merupakan bagian dari “Road Map” RPJMD kita, pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan salah satu melalui “blue economy” bagaimana kita memanfaatkan potensi-potensi kelautan kita,” tambahnya.

Lebih lanjut Wagub menyampaikan bahwa kekayaan laut ini harus dioptimalkan guna meningkatkan kemakmuran dengan tetap memperhatikan pemanfaatan yang ramah lingkungan.

“Untuk itu, implementasinya menurut Bapak Gubernur adalah pariwisata termasuk Fishing competitions seperti ini,” sambungnya.

sulut
Suasana pembukaan Likupang International Fishing Competition 2022

Wagub juga mengungkapkan bahwa Sulawesi Utara berbeda dengan provinsi lain. Dan masyarakat Sulut betul-betul menyadari bahwa laut adalah sumber kekuatan, energi, dan pembangunan.

“Mudah-mudahan seluruh peserta yang datang dari Sabang sampai Merauke bahkan ada yang dari 5 negara menyampai-nyampaikan bahwa ada satu tempat di ujung Utara pulau Sulawesi di Indonesia, satu surga laut yang boleh kita jadikan sebagai destinasi,” kuncinya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Yudo Margono menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

KASAL mengungkapkan antusiasnya saat mendengar kabar tentang kegiatan ini.

“Saya diberitahu oleh Bapak Gubernur seminggu yang lalu dengan adanya lomba ini dan langsung saya cek kapal perang saya ada di bagian mana,” ucapnya.

“Kegiatan-kegiatan seperti di laut ini sudah menjadi prioritas saya untuk membantu pemerintah daerah, untuk membantu masyarakat khususnya program-program yang berkaitan dengan laut,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua panitia Michael Umbas melaporkan Jumlah peserta berjumlah 51 tim, dan terdapat 5 negara yang mengikuti Amerika Serikat, Prancis, Australia, China, dan Singapura.

Hadir dalam kegiatan Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Wakil Ketua Umum Jalasenastri Wiek Heri Purnomo, Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Forkopimda Provinsi Sulut, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda beserta Ketua TP-PKK, keluarga besar TNI Angkatan Laut dan seluruh peserta. (*/Rizath)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.