Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPolitik

Pertemuan Puan Maharani dengan Perdana Menteri Kamboja, Kenang Presiden Pertama Indonesia

×

Pertemuan Puan Maharani dengan Perdana Menteri Kamboja, Kenang Presiden Pertama Indonesia

Sebarkan artikel ini

puan Maharanimanadoterkini.com, SULUT – Ketua DPR RI Puan Maharani, Kamis (24/11/2022) melakukan kunjungan kehormatan (courtesy call) dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, di Distrik Doun Penh, Phnom Penh, Kamboja.

Dalam pertemuan itu, Puan dan Hun Sen membahas sejumlah isu.

“Indonesia akan melanjutkan tongkat estafet presidensi AIPA seiring beralihnya Keketuaan ASEAN ke Indonesia pada tahun 2023. Saya mengucapkan terima kasih atas keketuaan Kamboja di ASEAN dan AIPA 2022 yang telah memperkuat komitmen kerja sama di kawasan,” kata Puan.

Dalam pertemuan tersebut, Hun Sen juga mengenang Presiden RI pertama Soekarno yang notabene merupakan kakek Puan.

Kepada Hun Sen, Puan menyatakan Kamboja merupakan salah satu negara yang cukup dekat dengan keluarganya.

“Presiden pertama Indonesia, Bapak Soekarno dan Raja Norodom Sihanouk merupakan sahabat dan bahkan seperti keluarga, yang bertemu secara rutin. Kamboja seperti rumah kedua bagi Presiden Soekarno saat itu,” ungkap Puan.

Menurut Puan, hubungan masa lalu yang dekat ini tentu perlu ditumbuhkan lagi untuk saat ini dan waktu-waktu mendatang.

“Hubungan baik di masa lalu tersebut merupakan modal berharga bagi pengembangan kerja sama masa depan,” kata Puan.

Hun Sen juga menceritakan kenangannya terhadap sang proklamator Indonesia Sukarno. Hun Sen mengaku sempat menjadi penyambut Bung Karno saat datang ke Kamboja.

Salah satu pemimpin negara terlama ini pun mengungkapkan rasa bangga dan senangnya karena dapat bekerja sama dengan keturunan Bung Karno saat Megawati Soekarnoputri menjadi Presiden Indonesia. Termasuk saat ini dengan Puan sebagai Ketua DPR RI.

“Dulu waktu saya kecil berdiri kibar-kibarkan bendera ketika Presiden Sukarno berkunjung. Kemudian saya bekerja sama dengan anak Presiden Sukarno ketika Bu Mega menjabat presiden. Sekarang saya senang bisa bertemu dan berbicara dengan cucu Presiden Sukarno,” kisah Hun Sen.

Hun Sen pun menitipkan salam untuk Megawati dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Puan. Ia juga menyampaikan apresiasinya atas hubungan baik Indonesia dan Kamboja yang sudah berlangsung sejak lama.

Lebih lanjut, Hun Sen menitipkan harapannya kepada Puan agar Indonesia melakukan investasi pada sektor perberasan mengingat padi merupakan hasil pertanian utama di Kamboja.

“Kami ingin Indonesia investasi di rantai produksi beras, dari pengolahan padi sampai menjadi beras,” katanya.

Puan yang juga perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu memastikan, akan menyampaikan harapan Hun Sen tersebut kepada Pemerintah dan para investor Indonesia. (*/Rizath)