Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Wagub Steven Kandouw Peringatkan Ratusan CPNS Jaga Karakter dan Jangan Bahugel

×

Wagub Steven Kandouw Peringatkan Ratusan CPNS Jaga Karakter dan Jangan Bahugel

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw memperingatkan kepada ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang saat ini sementara mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan Golongan III Pemprov Sulut Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sulut agar menjaga terus karakter baik dan menjauhi perbuatan hubungan gelap (Bahugel) atau zinah.

Hal ini ditegaskan Wagub saat membuka Latsar CPNS tersebut. Latsar ini sendiri dibuka Wagub Steven Kandouw, Kamis (2/3/2023) di BPSDMD Sulut.

Wagub Kandouw dalam arahannya mengatakan para CPNS yang baru ini harus bersyukur karena dari ribuan orang yang mendaftar, hanya ratusan yang diterima.

Steven Kandouw pun mengingatkan bila menjadi abdi negara harus menjaga karakter yang baik. Sebab, dari pengalamannya, ribuan ASN dan THL Pemprov Sulut memiliki karakter yang berbeda-beda.

“Pengalaman saya selama tujuh tahun menjadi wakil gubernur. Saya lihat ribuan orang ini paling utama adalah karakter,” ujarnya.

Karakter yang dimaksud, kata Kandouw, adalah menunjukan karakter yang baik. Jangan sampai karakter yang buruk.

Dalam kesempatan itu Steven Kandouw meminta agar para pejabat ini mampu menempatkan diri laksana kristal.

“Harus memiliki kualitas (seperti) kristal, mau taruh dimana saja tetap dia kristal, kristal ini dihargai orang, jadi show window, bukan jadi pece (becek) karna pece mau taruh di piring pun tetap kotor, berbeda dengan kristal,” tegas Kandouw.

Para CPNS ini, kata wagub, harus menetapkan karakter kristal.

Selain itu tambah Wagub, menjadi abdi negara harus memiliki pasion.

“Passion itu gabungan dari rasa memilki, rasa menikmati dan rasa tanggung jawab,” jelasnya seraya menambahkan para CPNS harus memiliki etos kerja yang tinggi.

Di akhir arahannya, Wagub meminta para CPNS untuk tidak ‘gatal’.

“Jangan maniso (genit), jangan bahugel. Kalau kedapatan kita coret,” tegas Kandouw.

Pada pembukaan Latsar CPNS Golongan II dan Golongan III Pemprov Sulut Tahun 2023 ini turut dihadiri Inspektur Daerah Sulut Meiki Onibala,
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Clay Dondokambey, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Evans Steven Liow, Kepala BPSDMD Royke Tumiwa. (Rizath)