Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Wagub Steven Kandouw Dorong Masyarakat Manfaatkan Kelas Akselerasi Digital UMKM

×

Wagub Steven Kandouw Dorong Masyarakat Manfaatkan Kelas Akselerasi Digital UMKM

Sebarkan artikel ini

stevenmanadoterkini.com, SULUT – Kelas Akselerasi Digital untuk UKM di Kota Manado, secara resmi dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven Kandouw pada, Rabu (15/3/2023).

Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan tetengkoreng, disaksikan Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop dan UKM Christina Agustin, Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, Ina Produk, Tokopedia dan pelaku UMKM.

“Saya mewakili bapak gubernur memberi apresiasi sekali kepada Ina Produk dan Tokopedia.Terima kasih sudah memilih Sulawesi Utara khususnya kota Manado untuk diselenggarakan acara ini. Jangan pertama yang terakhir mas. Kalau boleh tiap bulan bikin di sini,” kata Wagub Kandouw.

Kandouw juga mengatakan, pengalaman selama 3 tahun UMKM telah bergelut dengan Covid-19. Ternyata dari aspek dunia usaha di Sulut ini, paling residen itu yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, perikanan. Itu dari segi jenis usaha, ungkapnya.

Sementara sari aspek besar kecil usaha, kata Kandouw, yang paling residen atau kemampuan untuk bertahan di tengah tengah gelombang badai adalah UMKM.

“Dengan kata lain, negara ini berhutang banyak kepada UMKM. Jadi kita sudah sepantasnya membantu mereka,” jelas Kandouw.

Lebih lanjut Steven Kandouw menyatakan, dari Kementerian Koperasi sudah mengalokasikan dana UMKM yang tidak sedikit di Sulut. Tahun lalu, sekitar 7 sampai 12 triliun.Yang terserap tidak sampai 400 miliar. Sedikit sekali.

“Setelah saya elaborasi lebih lanjut, ternyata ini adalah ketidakmampuan kita dalam memperbaiki, bahkan menyusun konsep penetrasi usaha kita sehingga bankable. Pak kadis dan wakil wali kota tolong bantu teman teman UMKM ini. Supaya program yang ibu Christina sudah canangkan ini dimanfaatkan. Tapi dengan catatan ini kan betul betul modal kerja bukan hibah,” ucapnya.

Selain itu, Wagub Steven Kandouw mengingatkan, jangan berpikir UMKM modal kerja 100-150 juta terus pakai sendiri langsung beli motor atau langsung jalan-jalan ke Bali.

“Ini betul betul harus dikembalikan
dan tanpa kolateral. Jadi tolong teman-teman, sahabat-sahabat UMKM jadi perhatian,” pintanya.

Wagub Steven Kandouw juga mengatakan, tambah lagi hari ini diberikan bantuan yang luar biasa dari Ina Produk dan Tokopedia. Walaupun UMKM tapi boleh bersaing dan punya akses bahkan sampai ekspor.

“Itu bukan dilihat dari orang besar, manusia besar. Tapi dilihat dari manusia yang boleh melakukan hal-hal besar. Selamat untuk Ina produk dan Tokopedia. Mari kita manfaatkan program yang luar biasa ini dengan baik,” pungkasnya. (*/Rizath)