Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Rapat Paripurna LKPJ 2022, Wagub Kandouw Paparkan Capaian Keberhasilan

×

Rapat Paripurna LKPJ 2022, Wagub Kandouw Paparkan Capaian Keberhasilan

Sebarkan artikel ini

Steven Kandouwmanadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw menyampaikan gambaran upaya, kinerja, beserta progress report dan hasil capaian dari penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan di Provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2022, dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

Hal itu disampaikan Kandouw pada Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulut di Kantor DPRD Provinsi Sulut, Selasa (28/3/2023).

“Rapat Paripurna ini saya katakan penting, karena merupakan akuntabilitas kita, sekaligus juga dapat menjadi momentum melihat perjalanan di tahun yang telah lalu, menjadi momentum saling melengkapi, untuk ke depan, bersama-sama menjadi lebih baik, dan menorehkan karya yang bermuara pada kemajuan dan peningkatan kesejahteraan.”

“Yang pertama, kebijakan umum Pemerintahan daerah di tahun 2022, gerak roda pemerintahan, pembangunan dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan di Provinsi Sulawesi Utara yang mengacu pada 5 (lima) Misi Pembangunan Daerah, dalam rangka pencapaian Visi 2021-2026 yaitu Sulut Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke asia Pasifik,” sambungnya.

Kelima misi tersebut, yaitu: meningkatkan derajat kualitas sumber daya manusia; meningkatkan derajat ekonomi masyarakat; meningkatkan infrastruktur dan konektivitas; meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dan meningkatkan kapasitas tata kelola pemerintahan.

Selanjutnya Wagub memaparkan capaian Pemprov. Sulut, diantaranya: capaian Pendapatan Daerah (PATDA) Prov. Sulut untuk TA. 2022 sebesar Rp.3.716.287.830.576,- atau 95,94% dari target Rp.3.873.401.420.217,- dan untuk pengelolaan belanja daerah Realisasi Belanja Daerah di tahun 2022 sebanyak Rp.3.251.316.289.534,- dari anggaran setelah perubahan sebesar Rp.4.167.727.804.692,-.

“Di tahun 2022, ada begitu banyak program dan kegiatan yang kita laksanakan, serta keberhasilan yang kita raih dan torehkan. Disemangati slogan “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”, dan juga “bangkit bersama”, sama-sama kita boleh menjaga geliat ekonomi, hingga pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara tetap stabil; membuat angka kemiskinan di daerah menurun, begitu juga tingkat pengangguran terbuka; dan membuat IPM mengalami peningkatan hingga kini berada pada angka 73,81,” jelasnya.

Dari segi pengelolaan keuangan, Wagub menyampaikan Pemprov. Sulut mampu mempertahankan opini WTP dari BPK RI. Dan diharapkan pengelolaan keuangan TA 2022 akan menuai opini yang sama seperti sebelumnya, sehingga membuat Prov. Sulut memperoleh WTP 9 (sembilan) kali berturut-turut.

“Mari sama-sama menuai capaian yang lebih progresif lagi di berbagai bidang sektor. Terima kasih untuk semua dukungan yang telah diberikan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati segala upaya dan langkah kita dalam memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara,” jelasnya.

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Fransiscus Andy Silangen. Turut hadir Sekdaprov Steve Kepel, seluruh Anggota DPRD Provinsi dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sulut. (*/Rizath)