Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan ReligiPemerintahan

Anak-Anak Pulau Lembe (SMKN 3) Bitung Hasilkan Karya Kuliner Jepang

×

Anak-Anak Pulau Lembe (SMKN 3) Bitung Hasilkan Karya Kuliner Jepang

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengaku kagum melihat potensi yang dipamerkan para siswa SMK di Sulut khususnya yang mengikuti Pameran Karya SMA-SMK se-Sulawesi Utara yang digelar Pemerintahan Provinsi Sulut di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Selasa (2/5/2023).

Pameran Karya SMA-SMK di adakan dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023.

Ternyata potensi SDM kita terutama anak-anak setingkat SMK inikan luar biasa. Mereka ternyata banyak yang punya keahlian dan siap dipakai,” ujar Wagub Steven Kandouw.

Kekaguman juga disampaikan Wagub Steven Kandouw saat melihat potensi SMKN 3 Bitung yang dipimpin Kepala Sekolah Yessi Pinontoan, S.Th, M.Si. Sekolah yang berada di Pulau Lembe tersebut mampu menghadirkan karya kuliner asal Jepang dengan bahan baku ikan tuna yang banyak dijumpai di Kota Bitung tersebut.

Macam-macam kuliner dan Snack berbahan baku tuna dibuat siswa-siswi yang siap menyambut tamu-tamu asing.

Takoyaki misalnya makanan asal daerah Kansai di Jepang yang berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3–5 cm dibuat dari adonan tepung terigu diisi dengan daging ikan tuna dan gurita di dalamnya menjadi daya tarik pengunjung.

Selain itu, para siswa-siswi SMKN 3 Bitung juga memamerkan Burger Tuna (Burtuna), Bakso Tuna, hingga berbagai macam kripik hasil perikanan dan daging tuna antara lain, kripik tuna (Kriptun), stik tuna (Sticktune). (Rizath)