Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

OD-SK Berhasil Yakinkan Investor Polandia, Siap Berinvestasi di Sulut

×

OD-SK Berhasil Yakinkan Investor Polandia, Siap Berinvestasi di Sulut

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Dubes  Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska, mengunjungi kantor Gubernur Sulawesi Utara guna bertemu dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw (OD-SK).

Kedatangan Dubes  Polandia diterima langsung Wagub Steven Kandouw di Kantor Gubernur Provinsi Sulut, Kamis (14/09/2023).

Kedatangan Beata Stoczynska tersebut guna membawa delegasi bisnis dari Polandia untuk berinvestasi di KEK Pariwisata Likupang Sulut.

Para delegasi Polandia tersebut antara lain, Presiden Badan Pembiayaan Ekspor Polandia – Kuke, Mr. Janusz Wladyczak, Kepala Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia Mr Jacek Kolomyjec,  Mr Cezary Filipek, Konsul Kehormatan Indonesia di Gdans’k Miroslaw Wawrowski, Political and economic Officer di Kedutaan Polandia di Jakarta Mr Slawomir Stozynski.

Kedatangan delegasi dari Polandia itu mem-fallow up pertemuan dengan  Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada Maret 2023 lalu, di mana para investor ini ingin melihat potensi di  KEK Pariwisata Likupang untuk dikerjasamakan.

Wagub Kandouw mengungkapkan kedatangan Dubes Polandia yang kedua kalinya ke Bumi Nyiur Melambai, menunjukan keseriusan Polandia untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

“Duta Besar Polandia sangat serius dalam kunjungan kedua kalinya untuk memfollow up kedatangannya yang pertama, membawa Kamar Dagangnya dia, membawa BKPM-nya dia,” ungkap Kandouw kepada wartawan usai pertemuan dengan Dubes Polandia.

Kedatangan Dubes Polandia ini, kata Steven Kandouw untuk membicarakan lebih jauh terkait investasi di Sulut.

“Dalam upaya merealisasikan kerja sama spesifik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Polandia, aspek teknologi pengolahan sampah dalam aspek pembangkit listrik tenaga terbarukan, pendidikan dan pariwisata,” jelas Kandouw.

Selain itu kata mantan Ketua DPRD Sulut ini menyatakan, Polandia ingin menanamkan modalnya di Sulut, berkat lobi dari Gubernur Olly Dondokambey.

“Menurut Duta Besar Polandia, Pak Gubernur berhasil meyakinkan Duta Besar tentang komitmen kesiapan dan tekad Pemprov Sulut,” ungkapnya.

“Dia bilang (Dubes Polandia) potensi Sulawesi Utara, baik sumber daya alam, budaya, kondisi politik sangat kondusif. Makanya dia ingin investasi terealisasi di Sulut,” tegasnya. (*/Rizath)