Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

OD-SK Sulut Usulkan Tiga Pejuang Sulut Masuk Pahlawan Nasional

×

OD-SK Sulut Usulkan Tiga Pejuang Sulut Masuk Pahlawan Nasional

Sebarkan artikel ini

manadoterkini. com, SULUT – Perjuangan hidup dan mati pejuang asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia, terus mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Hal itu tak lepas dari perhatian Gubernur Sulut Prof DR (HC) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Drs Steven Kandouw (OD-SK), yang terus mengusulkan pejuang asal Sulut untuk diakui dan dianugerahi Pahlawan Nasional.

Terbaru adalah Bataha Santiago yang akan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Pusat.

Rencananya putra Nusa Utara itu akan ditetapkan melalui Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden RI, pada Kamis 9 November 2023 mendatang di Istana Negara di Jakarta.

Gubernur Olly Dondokambey merasa bangga dan bersyukur dengan akan dianugerahinya Bataha Santiago sebagai Pahlawan Nasional.

“Ini menjadi kebanggan kita bersama, kerena perjuangan pahlawan-pahlawan asal Sulut akhirnya dianugerahi Pahlawan Nasional, dan kami akan terus memperjuangkan agar terus bertambahnya pahlawan nasional asal Provinsi Sulut,” ungkap Olly Dondokambey pada wartawan.

Dianugerahi Bataha Santiago ini menjadi prestasi tersendiri Pemprov di era Pemerintah OD-SK yang sudah memperjuangkan hingga ketambahan 3 Pahlawan Nasional asal Sulut.

Sebelumnya AA Maramis pada tahun 2019 serta Arnold Mononutu tahun 2020 yang dianugerahi Pahlawan Nasional. (*/Rizath)