Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Resmikan Penerbangan Perintis Manado-Sitaro, Wagub Steven Kandouw : Pacu Perekonomian Daerah

×

Resmikan Penerbangan Perintis Manado-Sitaro, Wagub Steven Kandouw : Pacu Perekonomian Daerah

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Penerbangan perintis perdana SAM Air dari Bandara Sam Ratulangi Manado ke Siau, Naha Sangihe, Melonguane, Miangas Kabupaten Kepulauan Sitaro (PP) diresmikan, Senin (19/02/2024).

Adalah Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw saat meresmikan penerbangan perdana mengatakan ini merupakan sebuah loncatan besar bagi masyarakat Sulawesi Utara.

“Penerbangan perintis ini akan memacu pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah,” kata Wagub.

Dia menyebut penerbangan perintis jadi bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat termasuk yang asa di wilayah perbatasan.

“Terimakasih atas keterlibatan semua stakeholder. Karena kita tahu persis, sekalipun kabupaten Sitaro gabung dengan Pemerintah Provinsi, tidak akan terealisasi,” kata Wagub Kandouw.

Terobosan ini telah melalui proses panjaang, mulai dari persiapan lahan, pembebasan lahan, pembangunan sarana prasarana hingga pengurusan ijin.

“Namun, dimana ada usaha di situ pasti ada jalan,” ujarnya.

Kandouw berharap upaya ini dapat terus berlangsung, karena penerbangan perintis ini benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat.

Adapun harga tiket pesawat yang diberlakukan yakni Rp 200 ribu-an, sehingga dipastikan harganya bisa terjangkau oleh masyarakat dan penerbangannya dalam seminggu bisa dua kali.

“Semoga langkah yang dilakukan Kementerian Perhubungan, akan dikenang oleh masyarakat Sulut, terlebih masyarakat di Sitaro dan Miangas,” harap Kandouw.

Diketahui, penerbangan perintis ini merupakan kolaborasi antara pemerintah Pusat, Pemprov, Pemkab dan istansi vertikal dalam hal ini, Kementerian Perhubungan RI.

Dengan penerbangan perintis Sam Air elayani rute : Manado – Siau, Siau – Naha, Naha – miangas, Miangas – melonguane, Manado – lolak, Lolak – gorontalo.

“Jika kita bekerja bersama-sama, punya visi yang sama, pasti yang merasakan efek positifnya adalah masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, Wagub Kandouw menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan atas realisasi penerbangan perintis ke daerah-daerah.

“Maju terus Kementerian Perhubungan,” tutup Wagub Kandouw.

Kegiatan ini dihadiri keluarga besar Kementerian Perhubungan dan Penjabat Bupati Sitaro, Joy Oroh dan undangan. (*/icad)