Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

KPK: Pemprov Sulut Terbaik dalam Pencegahan Korupsi

×

KPK: Pemprov Sulut Terbaik dalam Pencegahan Korupsi

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Prestasi kembali ditorehkan oleh jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di bawah komando Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Hasil penilaian dari Monitoring Center Of Prevention (MCP) KPK menempatkan Pemprov Sulut pada peringkat pertama atau yang terbaik di antara Pemerintah Daerah se-Sulut.

Pemkab Minahasa Utara berada di urutan kedua, diikuti oleh Pemkab Minahasa Tenggara di posisi ketiga.

MCP adalah sistem pelaporan yang dibuat oleh KPK untuk melaporkan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah setiap tahun.

“Ini menjadi tolak ukur bagi KPK dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dengan tujuan mendorong perbaikan sistem dan regulasi serta implementasi sistem pengelolaan yang lebih transparan, ” jelas Pimpinan KPK, Nawawi Pomolango. 

Pomolango juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemkab/Pemkot di Sulut yang mendukung upaya pencegahan korupsi. Capaian ini mencerminkan kinerja Pemerintah Daerah, dengan beberapa indikator yang dicermati, termasuk perencanaan penganggaran, perijinan, pengadaan barang dan jasa, penguatan APIP, manajemen ASN, dan pendapatan daerah. Semua aspek ini dapat dilihat dari hasil MCP, memberikan gambaran tentang kerja-kerja Pemerintah.

Rapat Dengar Pendapat Program Pemberantasan Korupsi Wilayah Sulawesi Utara yang dihadiri oleh Nawawi Pomolango dan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, berlangsung pada Rabu, 6 Maret 2024, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut. (*/Rizath)