Selasa, 17 September 2019

Jalan Tol Manado- Bitung Impian Gubernur Sulut SH Sarundajang

manado

Penjelasan SH Sarundajang terkait lahan yang akan dilintasi jalan Tol Manado – Bitung. (ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Salah satu impian Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang yakni jalan Tol Manado – Bitung untuk menopang Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus akhirnya terwujud. Setelah Menteri Perekonomian Chairul Tanjung dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, melakukan peletakan batu pertama atau Ground Breaking di jalan ringroad, Minggu (12/10) kemarin.

“Jalan tol Manado – Bitung merupakan mimpi sekaligus impian Gubernur Sarundajang, untuk memajukan daerah ini demi kesejakteraan rakyat. Saat ini mimpi tersebut terjawab sudah setelah pengerjaannya sudah dimulai hari ini, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung,” ujar Tanjung

Dijelaskan pemilik trans corp gruop tersebut, mengapa harus membangun Tol dan KEK, sebagai dasar filosofi pemikirannya tentu rakyat Sulut ingin maju. “Intinya kita inginkan adanya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang tidak hanya terpusat di pulau jawa, tapi juga semua wilayah dan kota termasuk Sulut bisa dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang di konektifikasikan melalui jalan, bandara dan pelabuhan. Hal ini dimaksudkan agar kos ekonomi kita lebih murah dan lebih kompetitif, sehingga investor mau menanamkan modalnya di berbagai bidang daerah ini,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, Sulut merupakan wilayah terdekat untuk kawasan Asia pasifik, sehingga perlu dibangun infrastruktur-infrastruktur pembangunan berskala besar seperti Jalan Tol Manado-Bitung untuk menunjang KEK.“Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus kini sudah dilirik oleh investor dari China,” tandasnya.

Senada dikatakan Menteri PU Djoko Kirmanto, juga mengungkapkan mimpi Sarundajang sudah terjawab dengan dimulainya pengerjaan pembangunan jalan Tol Manado-Bitung. “Tidak hanya itu tapi juga jembatan Soekarno yang telah memakan waktu 10 tahun pembangunannya kini sudah dikerjakan kembali dan pada pertengahan Tahun 2015 jembatan yang menjadi ikon Kota Manado sudah selesai,”kata Kirmanto.

Gubernur Sarundajang bersama Wagub Djouhari Kansil tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Menko Perekonomian dan Menteri PU yang telah melakukan graundbreaking Jalan Tol manado Bitung serta peresmian berbagai proyek infrastruktur Pekerjaan Umum di Sulut.”Ini betul-betul merupakan proyek yang belipat ganda karena itu atas nama pemerintah dan masyarakat Sulut menyampaikan terima kasih kepada Menko Perekenomian dan Menteri PU,”tandas Sarundajang.(tr3/tim)

Tags: , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Mudah-mudahan dapat secepatnya terlaksana supaya transportasi dari Tomohon ke Bitung juga bisa semakin lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*