Rabu, 16 Oktober 2019

Resmi Dibuka, Bawaslu Sulut Gelar Pelatihan Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Media Massa

manado

Bawaslu Sulut gelar pelatihan pengawasan Pemilu partisipatif bagi media massa

SULUT, (manadoterkini.com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Pelatihan Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Media Massa dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Sulawesi Utara yang diselenggarakan di Swiss-Bellhotel Maleosan Manado 14 – 16 Agustus 2015.

Media massa sebagai pilar ke 4 dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia, saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari sistem pemerintahan dan kemasyarakatan Indonesia. Media adalah pengawal pemilu yang tangguh ketika dia mampu memposisikan diri sebagai mata dan telinga bagi masyarakat dalam menjalankan fungsi kontrol, pencari dan pemberi informasi kepada masyarakat secara berimbang tanpa adanya keberpihakkan terhadap peserta pemilu.

Acara pada jumat (14/8) sekitar pukul 19.30 dimulai dengan laporan panitia mengenai agenda dan tujuan pelaksanaan kegiatan. “Kegiatan ini untuk diberikan pelatihan kepada media massa dalam pemberitaan media, sehingga semua tahapan dimengerti dan diterima oleh semua masyarakat,” ujar Winsi Kuhu, S.IP, M.I.Pol.

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda menegaskan kiranya dengan adanya pers memberikan informasi ke masyarakat serta mengawal pilkada 2015, “Melalui kegiatan ini kiranya pers mendapatkan pelatihan dan pemahaman bersama terkait tahapan dan proses pilkada,” ujar Malonda.

Malonda juga beharap dengan adanya pers bisa memberitakan terkait pelaksanaan pilkada 2015, “Pers merupakan mitra kerja bawaslu, oleh karena itu kami berharap pers memberitakan berita yang berimbang kepada masyarakat,” ujar Malonda.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah, SH setelah mendengarkan ketua dan pimpinan Bawaslu Sulut, “Dengan ini saya membuka pelatihan pengawasan pemilu partisipatif bagi media massa,” ujar Nasrullah sambil mengetuk palu tiga kali.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, M.Pd, Pimpinan Johnny Suak, SE, M.Si dan Pimpinan Drs. Sjamsurijal A.J. Musa, sekretaris Bawaslu Sulut Herry Mawuntu dan pers media eletronik maupun cetak. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*