Selasa, 22 Oktober 2019

Umboh Minta Penjabat Walikota Manado Ganti Pejabat ‘Kumabal’

sampah

Salah satu contoh kecil sampah di selokan di jalan samrat kurang perhatian kadis Kebersihan dan pertamanan

MTerkini.com, MANADO – Banyak pejabat di Pemkot Manado yang dikabarkan tidak menghendaki kehadiran Penjabat Walikota Manado Royke Roring. Seperti diungkapkan tokoh masyarakat Terry Umboh kepada manadoterkini.com.

Menurutnya, banyak pejabat yang tidak sejalan dengan Kepala Bappeda Provinsi Sulut itu. Pasalnya, perinta yang selang bulan Desember lalu banyak hanya angin lalu, sehingga berdampak terhadap pelayanan Pemkot Manado.

“Kalau kami menilai banyak yang tidak sejalan dengan Roring. Namun alangka baiknya bukan atas dasar suka tidak suka melainkan kinerja. Saya kita Pak Roring sudah banyak pengalaman dalam birokrasi di Pemprov Sulut. Jadi untuk menjalankan program kedepan tentu perlu didukung oleh birokrasi yang memadai termasik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD,red),” terang Umboh.

Lanjutnya, Kota Manado yang selama ini dikenal sebagai Kota Adipura, tahun 2015 lalu harus lepas karena kurangnya koordinasi antara Dinas Kebersihan dan Pertamanan dengan Badan Lingkungan Hidup. “Pak ROR jangan hanya terima dengar itu pejabat yang hanya lamu (lala mulu). Lihat bukti apa yang dilakukan selama ini. Karana ada SKPD yang anggaran besar tapi realisasi dilapangan tak diharapkan. Seperti dinas kebersihan Adipura 2015 lepas karena Kadis tak mampu menatap TPA,”tegas Umboh.

Bahkan Dinas Kebersihan yang memiliki anggaran terbesar kedua setelah Dinas PU diakui para pejabat Pemkot Manado serta staf dan pejabat di Disbertam. “Ya betul kami memang masuk kategori anggaran kedua terbesar setelah Dinas PU di Pemkot Manado,”ujar salah satu staf di Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

Memeriskan lagi, konflik internal di dalam Dinas yang menangani kebersihan Kota Manado tersebut sudah menjadi rahasia umum. “Ya kami sudah tau Kadis dan Bendahara katanya tidak lagi sejalan dengan Sekretaris Dinas serta Kabid-kabid yang ada. Bahkan sempat beredar Dinas tersebut menjadi bidikan Kejaksaan,”ungkap pejabat Pemkot Manado yang engan namanya disebutkan.

Untuk itu, Umboh meminta Roring kedepan bisa selaktif menempatkan pejabat yang benar-benar pekerja, bukan hanya asal bapak senang. “Roling jabatan di birokrasi hal yang biasa. Untuk menjadikan Manado lebih baik berani memangkas pejabat yang kurang maksimal menjalankan tugas dan pelayanan kepada masyarakat,”pungkasnya.

Sayangnya hingga berita diupdate upaya konfimasi yang dilakukan manadoterkini.com, kepada Kadis Kebersihan dan Pertamanan Julises Oehlers SH melalui nomor 08135632xxxx kurang mendapat tanggapan.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*