Kamis, 21 November 2019

Terkait KEK Bitung, Forum Jurnalis Bitung Hebat Adakan FGD

Bitung

FGD Forum Jurnalis Bitung HEbat

MTerkini.com, BITUNG – Forum Jurnalis Bitung Hebat, Jumat (08/04/2016) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengangkat tema “Peran Pers dalam mendukung kawasan ekonomi khusus (KEK)” yang di laksanakan di Seputaran hal Pemerintah Kota (pemkot) Bitung, “Cafe Double O”.‎

Hadir dalam FGD ini seluruh wartawan Biro Bitung, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Berty Lumempouw, sedangkan yang mewakili Pemkot Bitung adalah Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Benny Lontoh dan Kepala Bagian (kabag) Hubungan Masyarakat (humas) Erwin Kontu, SH dan Hendry Adrian, S.IP, M.Ec.Dev. Hendry sendiri bertindak selaku moderator dalam FGD ini.

Lontoh dalam kesempatan ini menyampaikan pemkembangan KEK di kota Bitung saat ini. Terkait pembebasan lahan 92,96 Hektar yang diperuntukan untuk KEK sudah selesai. “Ini untuk tahap pertama. Pengembangan KEK sendiri dilakukan dengan Lima tahap. Tahap pertama ini menyangkut hayway dan pembenahan lahan,” ungkap Lontoh.

Lanjutnya, kedepan menyangkut KEK Pemerintah Provinsi akan segera membentuk Badan Otoritas/Badan Usaha yang berbentuk perusahaan. Tugas badan usaha ini ialah menginventarisir para investor. Juga menentukan investor yang layak yang nantinya menangani infrastruktur KEK ini sendiri.

“Badan usaha ini nantinya yang paling intens dengan investor mulai dari master plannya dan seterusnya. Pemerintah Provinsi bertindak sebagai Fasilitator sedangkan Pemkot sendiri tetap mengacu terhadap petunjuk Pemprov. Hal dikarenakan Pemkot Bitung bukan sebagai pemerkasa KEK ini,” ujar Lontoh.

Saat ini pemkot Bitung sementara menginventarisir semua tenaga kerja yang ada di Kota Bitung baik yang sudah bekerja bahkan yang belum. Karena kedepan Pemkot akan membuat sertifikasi sesuai keahlian masing-masing dari para tenaga kerja.

“Bagi masyarakat yang non skill akan diberikan pelatihan-pelatihan seperti security, cleaning service, babysiter dan masih banyak lagi. Kedepan semuanya itu sudah besertifikasi,” tandasnya.

Sebelum itu dari Forum Jurnalis Bitung Hebat telah mempertanyakan soal penyerapan tenaga kerja lulusan Bitung Logistic Community College (BLCC). Penyerapan tenaga kerja non skill. Jurnalis Bitung Hebat juga menyampaikan kekhawatiran masyarakat kelurahan Tanjung Merah.

Karena kelurahan Tanjung Merah sendiri adalah salah satu yang terkena dampak langsung atas pembangunan infrastruktur KEK. Para Jurnalis Bitung Hebat juga menyesalkan kurangnya sosialisasi dari Instansi terkait, bahkan pemkot Bitung sendiri terhadap perkembangan KEK dan program-program KEK kedepan.

Focus Group Discussion (FGD) ini sendiri menghasilkan Rekomendasi bersama yang nantinya akan diserahkan kepada Walikota Bitung Max J Lomban SE,M.Si dan Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri.

Focus Group Discussion yang dipelopori oleh Forum Jurnalis Bitung Hebat direncanakan setiap seminggu akan mengadakan FGD ini sendiri dengan tema yang berbeda dan akan terus menghasilkan rekomendasi yang nantinya diserahkan kepada pemerintah kota Bitung.(ref)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*