Senin, 9 Desember 2019

Nahkodai Milisi Waraney, Crisye Lengkong :‎ Waraney Siap Menjaga Dan Mensejahterakan Warga Minahasa

bitungmanadoterkini.com, BITUNG - Organisasi-kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dibidang kebudayaan/Adat kini makin memantapkan diri dan makin mengukuhkan keberadaannya di Kota Bitung.

‎‎Terbukti beberapa waktu lalu tepatnya Sabtu, (28/05/2016), bertempat di Halaman Kantor Walikota Bitung Ormas Milisi Waraney Bitung melaksanakan Pelantikan.‎

Crisye Jacky Lengkong Resmi Menahkodai Milisi Waraney Bitung, setelah dilantik oleh ketua Umum Deflie Walangarei dan dikukuhkan secara adat oleh panglima Besar Audy Malonda dan Panglima Adat Oan Ingkiriwang.‎

Pelantikan serta pengukuhan kepada Lengkong disaksikan oleh 16 Ormas ada, yang diantaranya, Brigade Manguni Indonesia (BMI) Laskar Manguni Indonesia (LMI) Makatana Minahasa, Pinaesaan Tountemboan, , Aliansi Makapetor, Benteng Manguni, ‎MTM, BWM dan KMM.‎

Pelantikan ini mendapat perhatian khusus pada  saat pengukuhan adat. Pasalnya, ‎semua pimpinan ormas adat diikut sertakan pada upacara Penghormatan Milisi Waraney yang diiringi oleh tarian Kawasaran.

Tarian kawasaran sendiri berisi makna sastra “KumoYak Waraney” yang artinya penghormatan kepada pejuang pelindung minahasa yang rela mati untuk menyambung keturunan mereka hingga di era ini.

Setelah dilantiknya pengurus Milisi Waraney Bitung Lengkong beserta pengurus yang ada, siap menjalankan amanah budaya yaitu menjaga masyarakat Minahasa dan membuat mereka sejahtera dengan menciptakan ladang pekerjaan bagi warga Minahasa.

“Kita para Waraney mempunyai semangat untuk menjaga tanah Minahasa ini dan siap mensejahterakan masyarakat minahasa”, ujar Lengkong‎

 “Ada penegasan yang disampaikan oleh ketua umum yaitu, agar selalu menjaga Kesatuan (pinaesaan), bukan untuk perpecahan karena punya ambisi masing-masing, dan harus menjadi pembantu masyarakat bukan untuk ditakuti masyarakat”, katanya.

Lengkong juga menambahkan bahwa, ‎”Program utama dari waraney ialah semua anggota harus belajar berbisnis mandiri agar dapat membuka banyak lapangan kerja serta kesejahteraan anggota, kedua mendidik dengan memberikan pengetahuan budaya Minahasa,agar dapat mengurangi sifat negatif yang selalu terjadi dimasyarakat”, ‎ujar Lengkong.

‎”Lewat ‎Wadah Ormas adat ini, diharapkan dapat membimbing para muda mudi agar bisa mewujudkan cita-cita mereka, agar masyarakat khususnya Minahasa dimasa depan dapat bersaing dengan daerah maju lainnya”, Pungkasnya‎.(ref)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*