Minggu, 15 September 2019

Welcome Dinner Sambut Munas APEKSI 2016 di Jambi

APEksi, Manado

launching Munas APEKSI ke – 5 maret lalu di Jambi

manadoterkini.com, JAMBI –  Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-5 di Kota Jambi, akan dilaksanakan 27-28 Juli 2016 dipastikan bakal dihadiri 98 Walikota. Dan Selasa (26/7/2016) nanti malam seluruh Walikota se-Indonesia akan disambut dengan welcome dinner di Ratu Convention Center, Jambi.

Dimana pembukaan pelaksanaan Munas rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang akan diikuti Walikota se- Indonesia, spouse program, pawai budaya, city tour, dan penanaman pohon khas daerah.

Terdapat pula program kegiatan yang dilaksanakan pada waktu bersamaan dengan rangkaian program Munas yaitu Indonesia City Expo pada 27 Juli 2016.

Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) selaku Ketua Dewan APEKSI akan disambut secara spesial oleh Walikota Jambi Syarif Fasha sebagai tuan rumah. Sumber resmi dari panitia menyebutkan bahwa, kegiatan welcome dinner ini sebagai sarana awal para Walikota se-Indonesia untuk saling bertemu secara non-formal sebelum memulai kegiatan resmi yang akan dibuka Rabu (28/7) pagi. “Walikota Manado (GSVL, red) sebagai Ketua APEKSI tentu akan kami sambut secara spesial,” ujar sumber.

Untuk diketahui APEKSi merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh pemerintah kota sebagai perwujudan dari ketentuan yang diamantkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dab dalam  rangka memenuhi amanat Keputusan Presiden RI Nomor 49 Tahun 2000 tentang pembentukan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD).

Tujuan dari dibentuknya APEKSI yaitu untuk mempercepat pelaksanaan Otonomi Dearah, juga menciptakan iklim yang kondusif bagi kerjasama antar daerah serta untuk akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka disepenggarakan kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) yang dihadiri 98 anggota APEKSI. Kegiatan ini dilakukan 5 tahun sekali, dan pada tahun 2016 ini merupakan penyelenggaraan untuk tahun kelima denga Kota Jambi terpilih sebagai tuan rumah.

Munas APEKSI diselenggarakan untuk memilih Dewan Pengurus APEKSI periode 2016-2020 sekaligus menyusun program kerja 2016-2020.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*